Wednesday, July 4, 2012

Little Talks - Of Monsters & Men (Arti Lagu)

I'm back! Hari ini aku kembali dengan sebuah lagu yang gak tahu kenapa, aku menyukainya karena videonya menurutku keren banget. Selain itu, alasan kenapa aku menyukai lagu ini juga ternyata setelah didengarkan beberapa kali, ternyata liriknya enak sekali. Iramanya juga asyik, videonya juga menarik. 

Menurutku, Little Talks - Of Monsters & Men ini bercerita tentang sebuah pasangan dalam percintaan. Lagu-lagu bertemakan cinta memang asyik banget untuk didengarkan, dan lagu ini juga bercerita tentang itu. Tapi sayangnya, sekali lagi lagu ini tentang hubungan yang nasibnya hidup segan, mati tak mau alias sedang dalam status rumit githu. Sang cewek menginginkan untuk mengakhiri hubungannya yang dinilai tak seindah dulu, sehingga dia mengharapkan sebuah cinta yang baru, yang memberikannya arti sebuah cinta seperti yang dia mau. Tapi masalahnya, sang cowok tidak mau melepaskan begithu saja. Dia terus berharap agar hubungannya terus berjalan seperti sedia kala. 

"I don't like walking around this old and empty house
So hold my hand, I'll walk with you my dear
The stairs creak as I sleep, it's keeping me awake
It's the house telling you to close your eyes"


Sang cewek tidak mau dia hidup dalam sebuah percintaan yang hampa, berjalan seperti itu-itu saja. Dia menginginkan sebuah kejutan kecil dalam setiap percintaannya, agar kisahnya tidak monoton seperti biasa. Sang laki-laki menyakinkan bahwa dia akan bersamanya selamanya, menjaga dan tak perlu mengkhawatirkan tentang hubungan yang katanya biasa-biasa itu. Kemudian, karena dia tak lagi bisa membohongi hati nuraninya terus menerus, dia berterus terang pada sang cowok, "Aku tak nyaman dengan hubungan kita." Tapi sekali lagi, sang cowok menyakinkan untuk terus bertahan. Tak usah menghiraukan perasaannya, dan nikmatilah hidup.

"Some days I can't even trust myself
It's killing me to see you this way"

Lirik itu adalah sebuah penjelasan, sang cewek tak bisa untuk membuat keputusan besar, apakah dia akan mempertahankan kisah percintaannya ataukah akan mengakhirinya karena memang cinta mereka sudah tak ada rasa, alias hampa. Sedang sang cowok yang sudah tahu apa yang sedang terjadi pada kekasihnya itu kini menjadi galau, dia tak ingin membuat orang yang dikasihinya itu memendam perasaan hampa yang terus-terusan. Sang cowok benar-benar tak menyukai berada dalam sebuah kebimbangan seperti itu.


"There's an old voice in my head that's holding me back
I tell her that I miss our little talks
Soon it will all be over, buried with our past
You used to play outside when you were young,
Full of life and full of love"

Sang cowok galau, dia masih berharap hubungan mereka bisa diselamatkan dan kekasihnya itu bisa terus bersamanya, dan itu artinya dia akan tetap menggenggam erat kekasihnya itu dan tak akan melepaskannya, meski sang cewek menginginkannya. Sang cowok beberapa kali harus meyakinkan kekasihnya itu, bahwa separuh hidupnya masih menginginkannya, menginginkan bahwa mereka tetap bersama. Akhirnya sang cewek mengiyakan, dia juga berharap hubungannya ini masih tetap terselamatkan. Dan untuk itu, sang cowok meminta kekasihnya itu untuk berjuang bersamanya, mempertahankan dan memperbaiki hubungannya.

"Some days I feel like I am wrong and I am right
Your mind is playing tricks on you my dear"


Tapi terkadang, dalam percobaan bahwa hubungannya dalam diselamtkan itulah dia berfikiran, kadang-kadang dia merasa bimbang lagi, haruskah bertahan, sedangkan hatinya ingin sekali terbang bebas dari hubungan yang hampa ini. Dan untuk menyakinkan bahwa pikiran kekasihnya ini salah, sang cowok berkali-kali meyakinkan, dia tak harus pergi, karena ini akan berlalu begitu saja nantinya, ini hnaya perasaan sesaat saja.


"Don't listen to a word I say
The screams all sound the same"

Ini tentang persepsi dari orang yang berbeda, saat sang cewek menyanyikan "Don't listen to me, all my complaints are the same anyway." Sang cewek juga mendengarkan kata-kata ini dari cowoknya itu, ini berarti bahwa dalam setiap hubungan pasti akan ada masa-masa seperti ini.


"You're gone gone gone away
I watched you disappear
All that's left is a ghost of you
Now we're torn torn torn apart, there's nothing we can do
Just let me go, we'll meet again soon"

Dia sudah tak bahagia, dan dia sudah beberapa kali mengatakan dan menjelaskan apa yang ada dalam pikirannya, maka dia berharap kepada kekasihnya agar dia melepaskannya untuk pergi dan terbang bebas bersama cita-citanya untuk mendapatkan cinta yang diinginkannya.


"Now wait wait wait for me
Please hang around
I see you when I fall asleep"


Sang tetap dalam pendiriannya, dia ingin tetap bersama kekasihnya dan ingin melanjutkan kisah cinta bersamanya.


"'Cause though the truth may vary
This ship will carry
Our bodies safe to shore"

Mereka berdua kini memiliki dua persepsi yang berbeda tetang hubungan mereka, dan persepsi yang berbeda pula atas keputusan final yang diambilnya. Sang cowok berpendapat, hancurnya hubungan ini karena kesalahan sang cewek, dia berubah tak mencintainya lagi seperti awal dia memutuskan untuk bersama. Sedangkan sang cewek, dia berfikiran bahwa dia telah tumbuh dewasa dan semakin matang, dan dia bisa mengambil keputusan hiudupnya tanpa harus mendengarkan orang lain untuk hidupnya. Tapi bagaimana pun, keduanya akhirnya sepakat, berpisah adalah jalan terbaik bagi mereka, agar mereka tidak saling menyakiti dan tersakiti oleh pasangannya.





Hey! Hey! Hey!
I don't like walking around this old and empty house
So hold my hand, I'll walk with you, my dear
The stairs creak as I sleep, it's keeping me awake
It's the house telling you to close your eyes

Some days I can't even trust myself
It's killing me to see you this way

Because though the truth may vary
This ship will carry
Our bodies safe to shore

Hey! Hey! Hey!
There's an old voice in my head that's holding me back
I tell her that I miss our little talks
Soon it will all be over, buried with our past
You used to play outside when you were young
Full of life and full of love

Some days I feel like I am wrong and I am right
Your mind is playing tricks on you my dear

Because though the truth may vary
This ship will carry
Our bodies safe to shore

Hey!
Don't listen to a word I say
Hey!
The screams all sound the same
Hey!

Because though the truth may vary
This ship will carry
Our bodies safe to shore

Go, go, go away
I wish you'd disappear
All that's left is a ghost of you
Now we're torn, torn, torn apart
There's nothing we can do
Just let me go, me against you
Now wait, wait, wait for me
Please hang around
I see you when I fall asleep

Hey!
Don't listen to a word I say
Hey!
The screams all sound the same
Hey!

Because though the truth may vary
This ship will carry
Our bodies safe to shore

Don't listen to a word I say
Hey!
The screams all sound the same
Hey!

Because though the truth may vary
This ship will carry
Our bodies safe to shore

Because though the truth may vary
This ship will carry
Our bodies safe to shore

Because though the truth may vary
This ship will carry
Our bodies safe to shore

10 comments:

  1. brb pengen liat videonya juga lah :D
    *penasaran*

    ReplyDelete
    Replies
    1. videonya keren lho.... suka banget animasinya. :)

      Delete
  2. Replies
    1. Lagunya keren lho... aku suka banget dengan lagunya nih...

      Delete
  3. Wah hebat ya bisa nerjemahin bahasa linggis... sampai ke arti kata-katanya (T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak juga. aku juga gak ngerti apa maksudnya kok. hahaha

      Delete
  4. Waaaa..... lagunya baguuss, kayak suaranya david archuleta :-) #eeaaa salah fokus.

    buat cerita aja Riu, berdasarkan lagu ini. Dalem banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lagu latarnya emang David Archuleta, tp klo videonya tidaklah!

      Cerita? kayaknya menarik juga tuh! kapan-kapan aja deh! :)

      Delete
  5. belum pernah denger lagunya sih.. eh aku mau koreksi dikit..
    I'm is back ?
    kok to be nya ada dua ?
    yang bener :
    I'm back
    sepertinya ga penting2 banget sih.. muhuehehe

    keep blogging :D
    Go green :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ops, yang mana ya....

      *buru-buru koreksi tulisan. hahaha

      Kalo lagunya mah keren banget, coba dengerin aja. Videonya juga keren lho.... tapi byk yg nyangka, kalo group ini juga menyembah setan gara-gara videonya ada kepala banteng itu. Yang pasti, keren banget dah lagu dan videonya :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!