Saturday, January 1, 2011

PENCITRAAN

Pencitraan Sempurna
Dalam setiap tindakannya manusia berusaha membangun citranya di hadapan orang lain.

Pencitraan wajar terjadi selama manusia itu belum tercerahkan. Ia akan terus hidup dengan imajinasi yang ia buat.

Yang masih bingung, apa itu pencitraan, pencitraan itu seperti ini : Everyone wants to look good infront of others, but too much effort will make you look fake.

Terkadang, manusia yang suka melakukan pencitraan bermadzab seperti ini : Only lies can make you acceptable into sosiety.

Dalam pencitraan, kita bicara soal kejujuran kita yang 'selektif' yang mencoba ditampilkan diri lita sesuai citra yang kita inginkan. Unttk jujur dan apa adanya pun kita sering selektif. Hanya menampilkan yang sesuai 'citra' yang kita inginkan.

Menulis diary saja sulit jujur, apalagi menulis di diary publik semacam Twitter, Facebook, bahkan blog ini.

Ada yang menganggap, Pencitraan itu dibutuhkan untuk orang yang belum tercerahkan. Padahal, pencitraan itu dilakukan dengan sendirinya. Bedanya, ada yang sadar, ada yang tidak.

Pencitraan itu sama halnya dengan proses editing tulisan atau foto. Ada manipulasi, tapi kalau tidak berlebihan, biasanya diterima oleh publik. Jadi Pencitraan itu ada batas yang dapat diterima, ada yang tidak.

Lantas, salahkah bila seseorang melakukan pencitraan? bukankah itu salah satu hak orang tersebut?
Tidak ada yang salah. Terserah siapa saja. Tapi, seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada batasnya.

Tapi, kenyataan kan akan lebih nikmat jika disajikan dengan pernak-pernik kebohongan? Iya, tentu saja. Apalagi kalau menguntungkan si AKU.


Lagi, kalau seseorang menampilkan secara berlebihan, sehingga kekurangannya tidak terlihat orang lain, apakah termasuk pencitraan?
Tentu. Agar diri tampak sesuai citra yang diinginkan.

Terakhir, apakah kita punya petunjuk untuk membedakan orang yang sedang mencitrakan diri dan orang yang tampil apa adanya? Hmm... daripada kita menilai orang lain, bagaimana kalau mulai dari diri sendiri dulu kapan jujur dan kapan kita melakukan pencitraan?


*kuliah pencitraan disampaikan oleh Mr. Benhan

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!