Wednesday, September 21, 2011

Pertanyaan Tengah malam

Selamat malem, sobat blogger. Sebelum tidur, malem ini Riu mau sedikit cerita tentang satu penemuanku, hasil dari keliling-keliling liat status FB temanku menggunakan akun yang berbeda. Sebenarnya aku memakai cara ini secara tidak sengaja aja, karena aku yang megang akun lain itu, secara otomatis aku sering liat status-status yang nongol di wall akun yang aku pegang itu. *membingungkan ya penjelasannya.... Intinya sih, aku pegang dua akun. Akun asli punyaku dan akun bukan punyaku. *ah, lega rasanya bisa kasih penjelasan lebih mudah.

Jadi gini ceritanya.....

Kemaren, pas lagi iseng-iseng ngecek akun bukan punyaku itu aku nemuin status teman yang bunyinya kayak di bawah ini : 
Saling cinta bukan berarti jodoh. Banyak orang saling cinta tapi takdir berkata lain, begitu sebaliknya. Hmmm....

Begitu baca status itu, kalimat pertama yang keluar dari mulutku adalah "Nyindir neeeh...". Bukannya sok nyocok-nyocokin statusnya dengan kenyataan yang terjadi padaku, tapi  memang aku merasa kalo statusnya memang terinspirasi dari kisah hidupku. Boleh saja kalo ada yang beranggapan kalo statusnya bukan terinspirasi dari kisahku, tapi dia, yang nulis status itu adalah temanku sekaligus sobat mantanku lho... Wajar kan kalo aku ngeyel kalo status itu dari kisah hidupku. *maksa

Setelah baca status itu kok tiba-tiba berasa aneh ya... Aku bukanlah salah satu orang yang mempertanyakan bahwa jodoh itu hanya Tuhan yang tahu, tapi melihat kenyataan yang terjadi, kok jadinya juga pengen tanya-tanya juga, benarkah jodoh itu di tangan Tuhan? *semoga 'gak masuk golongan kafir kalo nanyain ini*

Sebenarnya pertanyaan-pertanyaan seperti ini sering muncul di otakku yang 'gak penuh ini. Dulu waktu kecil aku ingat pernah diajarkan bahwa setiap mahluk itu diciptakan berpasang-pasangan. meski udah diciptakan berpasang-pasangan, kok yang umurnya udah mencukupi tapi kenapa gak cepet-cepet Tuhan mengirimkan pasangannya itu ya..... Jika memang jodoh sudah digariskan oleh Tuhan, bukankah seharusnya jika Tuhan sudah melihat bahwa seseorang itu sudah memenuhi semua syarat untuk menikah, maka sebaiknya segera dipertemukan dengan jodohnya, kan? Kasian banget ngeliat orang yang seperti itu...... *angguk-angguk sambil buka link ini*  

Apakah sebenarnya rahasia Tuhan untuk orang-orang tersebut, orang-orang yang jauh banget dari jodohnya? Apakah walaupun dikatakan bahwa manusia diciptakan berpasang-pasangan, tetapi apakah memang ada manusia yang ditakdirkan untuk tidak menikah dan dipertemukan dengan pasangannya? *tanya pada rumput yang bergoyang* *Sigh

Mengapa ada manusia yang dipersulit jalannya untuk menemukan jodohnya. Mengapa? Bukankan Tuhan lebih senang jika manusia hidup berpasangan dan membina keluarga yang sakinah dibandingkan terus melajang seumur hidupnya? 

Ada teman yg menjawab bahwa sebenarnya manusia-manusia itu sudah diberikan pilihan di depan matanya tapi diabaikan. Diabaikan seperti apa aku juga nggak ngerti maksudnya. Aku pikir, kalo memang jodoh, bukankah seharusnya jalannya dimudahkan antara dua orang yang berjodoh. Lantas, kenapa ada juga yang belum diberi kesempatan untuk bertemu dengan jodohnya? bukankah agak bertentangan dengan keinginan Tuhan yang sebenarnya lebih senang manusia berpasangan, kan? *Sekali lagi, tanya pada rumput yang bergoyang*

Memang rumit membahas perkara yang berkaitan dengan ketentuan dan usaha yang perlu manusia lakukan dalam membentuk sebuah ketentuan. Sampe sekarang aku masih suka bertanya-tanya tentang masalah ini. Tapi sekali lagi aku juga bingung mau tanya kepada siapa, dan jika nanti dapet jawabannya, apakah pertanyaanku itu akan berhenti begitu saja, ataukah akan muncul lagi pertanyaan-pertanyaan lain yang mungkin saja malah membuat orang yang ditanya diem seribu bahasa. 

Ah, postingan malam ini kenapa jadi serius gini ya.... Padahal niat awalnya cuman buat pengantar tidur lho.... Maaf ya kalo bikin sobat blogger jadi ikut-ikutan mikir gara-gara postinganku malam ini. Selamat malam dan terima kasih udah membaca postinganku malam ini.



- Riu Aj -

24 comments:

  1. hehe.. jadi ikut mikir bro.. buatku masalah jodoh emang rumit utk dipecahkan alias misteri bgt.. ..moga sgala syarat utk dipertemukan dg sang jodoh segera dipenuhi.. aamiin.. :D

    ReplyDelete
  2. Tuh kan, beneran bikin orang yang baca tambah mikir. Aku aja malah gak bisa tidur gara-gara makin kepikiran. Tau nih, pertanyaan tengah malem yang bikin galau.
    *nangis di pojokan*

    ReplyDelete
  3. mengapa dibikin gitu?
    biar kita bisa berusaha sendiri, ngga pake instan, biar kita tau caranya, biar tau perasaanya, nyari2 eh dapet coba2 pacaran =.="
    jadi rumah tangga itu lebih berat, makanya butuh pengalaman ekstra dan matang, caranya ya itu tadi, Tuhan adil bukan?
    menurut saya seperti itu :D

    ReplyDelete
  4. Boleh, tapi ini hanya sekedar tanya. Pertanyaan itu muncul karena adanya beberapa fakta yang menurutku sedikit aneh saja, kok begitu ya?

    Aku yakin Tuhan Maha Adil, Maha Mengetahui apa yang terbaik bagi mahluknya. Tapi tdak semua hambanya mengerti apa yang Dia mau. Jadi apa tidak dipermudah saja agar hambanya mengerti apa yang Tuhan mau. :)

    ReplyDelete
  5. setuju sama yg diatas. Tuhan itu maha adil. :D keep smiling oke

    ReplyDelete
  6. SMILE !!!!


    *Pasang muka unyu ala Morgan semesh* :D

    ReplyDelete
  7. hmmmmm......kalo menurutku sih sederhana saja. Ketika seseorang (lawan jenis) kita sudah hadir di depan mata, jangan terus bertanya apakah dia jodoh kita kepada Tuhan. Tetapi segera berikhtiar untuk berusaha melangkah ke arah yang disukai Tuhan yaitu segera menikahinya. Kalo ternyata jalannya berbelok2 maka anggap saja itu cara Tuhan untuk memperteal iman kita. Toh ada jodoh2 lain yang telah dipersiapkanNya jika kita tidak jadi berjodoh kepada si A..bisa jadi ada si B, C, D dan sebagainya.

    ReplyDelete
  8. *tengak-tengok*

    Kok blm keliatan ya.....

    *jitaks*

    ReplyDelete
  9. hihii masalah jodoh gx bisa ditebak

    dikejar kadang tak dapat
    kita diam kadang dia mendekat

    hanya Allah yang tahu^^

    ReplyDelete
  10. Setuju, hanya Tuhan yang Tahu.
    Bukannya finish tapi malah makin banhyak pertanyaan baru. senangnya bisa langsung nurut dengan kalimat itu, tapi kok gak bisa ya....

    *merenung di bawah pohon pisang*

    ReplyDelete
  11. Jodoh itu 1 dari 5 rahasia Allah..
    gak perlu dipikirin, tapi dicari
    gak perlu ditunggu, tapi dicari
    kalo ikhtiar udah maksimal, tinggal tawakal..

    Salam.

    ReplyDelete
  12. hii salam kenal iya dari vira .. :)
    jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
    wah bagus juga iya blog ka2 ... ^_^ good luck iya.....
    SALAM BLOGER INDONESIA..:)

    ReplyDelete
  13. Salam kenal balik :)
    Tunggu kedatanganku di blogmu ntar ya....
    Salam blogger Indonesia!

    ReplyDelete
  14. salam kenal riu...
    Kalo menurut saya jodoh itu di Tangan Tuhan, tapi kitalah syare'at nya....u di Tangan Tuhan, tapi kitalah syare'at nya....

    ReplyDelete
  15. Salam kenal juga ya....
    Iya, aku juga kepikiran itu. Cuman pikiran seperti itu sering muncul aja, daripada dipendam dalam hati, mending difloorkan aja. Bener kan? hehehe

    ReplyDelete
  16. Ada benarnya juga. Kita cinta pada pasangan kita saat ini bukan berarti dia adalah jodoh kita. Belum tentu pacar kita saat ini adalah yang terbaik untuk kita dalam mengarungi bahtera rumah tangga nantinya.

    Saya percaya jodoh sudah ditentukan oleh takdir. Dan saya yakin Tuhan PASTI memberi masing2 dari hamba2Nya jodoh yang TERBAIK bagi mereka.

    Karena itu, dalam hal ini sholat istikharah amat berguna. Bersyukurlah, Allah telah memberi salah satu cara termudah untuk menentuka jodoh, sholat istikharah. :)

    ReplyDelete
  17. Ah, senangnya dapat ilmu baru agar percaya bahwa Tuhan punya rencana besar dalam setiap keputusanNya. Istikharah, kenapa tidak pernah kepikiran ya....

    Seharusnya dalam memutuskan sesuatu aku ingat itu, jadi tidak perlu ragu-ragu lagi kalo ada dua pilihan yang berat.

    Terima kasih, sobat.

    ReplyDelete
  18. aduh galau nih posting galau galau galau... *menggigau*

    ReplyDelete
  19. Udah terlanjur baca, met menggalau ya......

    *ketawa setan*

    ReplyDelete
  20. hmm..jd intinya mau cari istri yg kayak gimana nih? heehehhe

    ReplyDelete
  21. Huakakakaka..... kwnwpw sampe ke pertanyaan ini sih? padahal aku gak nyinggung ke masalah ini lho... hehehe

    Jadi malu kalo ada yg tanya seperti ini. :D

    ReplyDelete
  22. ehh sama loch...saya juga pernah punya pertanyaan yg sama...kalo emang manusia diciptakan berpasang-pasangan...trs kenapa ada tetangga saya yang sampai meninggal di usia 65th masih gadis...banyak juga tetangga saya yg boleh dibilang usianya sdh matang tp blm dapat jodoh...trs dimanakah pasangannya?? padahal segala jenis usaha sudah dilakukan....

    tapi ada yang bilang kalo orang ngga dapat jodoh di dunia...nanti di akhirat akan dipertemukan dgn jodohnya...bener ngga sech?

    ReplyDelete
  23. Pamanku juga ada yang belum nikah.... udah tua, sakit-skitan pula. Kasian bener ngeliatnya....

    Nggak tau juga sih kenapa bisa begitu, tapi karena jodoh memang rahasia Tuhan, kita bisa apa. tul?

    Di akhirat ntar dapet jodoh? yang bener? kata siapa itu?

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!