Thursday, December 15, 2011

3 Tahun Bersama Facebook


Facebook, tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Ya, facebook adalah salah satu situs jejaring sosial yang sangat digemari masyarakat saat ini. Mulai dari anak - anak sampai orang tua, siswa sampai mahasiswa, tukang bakso sampai direktur utama, pedangang kecil sampai pengusaha, dan tak ketinggalan, aku, Riu Aj.

Hari ini adalah hari istimewa. Kenapa istimewa? karena tepatnya tanggal 15 Desember ini bertepatan dengan pertamakalinya aku menggunakan jejaring sosial ini. Pada 15 Desember 2008 pertama kali aku mulai kenal dengan jejaring ini. Di bawah ini adalah foto profilku yang pertama kali aku pakai setelah bergabung di jejaring ini. Kecil, dan bukan foto pribadi.

Setelah 3 tahun bersama, apa yang aku dapatkan dari jejaring sosial ini? Banyak sekali. Mulai dari yang positif, hingga negatif pernah aku dapatkan bersama jejaring ini.

1. Teman
adalah seorang yang namanya kita ketahui, yang kita lihat berkali-kali, yang dengannya mungkin kita miliki persamaan, dan yang disekitarnya kita merasa nyaman. Ia adalah orang yang dapat kita berbagi. Namun mereka adalah orang yang dengannya tidak akan kita bagi hidup kita, yang tindakan-tindakannya kadang-kadang tidak kita mengerti karena kita tidak cukup tahu tentang mereka.

Apakah aku punya teman seperti itu? banyak, sangat banyak.

2. Sahabat
adalah seseorang yang kita cintai. Bukan karena kita jatuh cinta padanya, namun kita peduli akan orang itu, dan kita memikirkannya ketika mereka tidak ada. Sahabat adalah orang dimana kita diingatkan ketika kita melihat sesuatu yang mungkin mereka sukai, dan kita tahu itu karena kita mengenal mereka dengan baik. 

Mereka adalah orang-orang yang fotonya kita miliki dan wajahnya selalu ada di kepala kita. Mereka adalah orang-orang yang kita lihat dalam pikiran ketika kita mendengar sebuah lagu di radio. Mereka adalah orang-orang yang diantaranya kita merasa aman karena kita tahu mereka peduli terhadapmu. Kita tahu bahwa jika kita memiliki masalah, mereka akan bersedia mendengar. 

Mereka adalah orang-orang yang tidak akan menertawakanmu atau menyakitimu, dan jika mereka benar-benar menyakitimu, dan jika mereka benar-benar menyakitimu, mereka akan berusaha keras untuk memperbaikinya. Mereka adalah orang-orang yang kita cintai dengan sadar ataupun tidak.

Apakah aku mempunyai sahabat dengan kriteria seperti itu? ada. Dan aku tidak akan menyebutkannya satu persatu, karena aku yakin mereka selalu ada untukku.

3. Musuh
Tahukah kamu? Siapa orang yang paling sering memperhatikan kita? Siapa orang yang membuat kita bisa menjadi lebih baik? Siapa orang yang sebenarnya lebih mengetahui kelemahan dan kejelekan kita daripada sahabat-sahabat kita? Jawabannya adalah "Musuh". 
 
Percaya atau tidak, musuhlah yang selalu memperhatikan kita setiap hari, musuhlah yang membuat kita bisa intropeksi diri untuk menjadi orang yang lebih baik lagi, musuhlah yang selalu mecari kelemahan dan kejelekan kita setiap saat. Merekalah yang lebih memahami dan memperhatikan kita setiap harinya. 
 
Apakah aku punya musuh seperti itu? ada.

4. Pacar
Aku pernah dan beberapa kali menjalaninya. Bersama kita sepakat untuk Pacaran, salah satu proses perkenalan antara dua insan manusia yang biasanya berada dalam rangkaian tahap pencarian kecocokan menuju kehidupan berkeluarga yang dikenal dengan pernikahan. 

Berhasil atau tidak? sayangnya semuanya gagal.

5. Pemuja Rahasia
Kau tak akan percaya, ada beberapa orang yang diam-diam memperhatikanmu. Mengirimi sebuah pesan singkat di inbox saat statusmu dirasa aneh. Dia memberimu semangat, dan terkadang terang-terangan mengutarakan isi hatinya.

Beberapa kali aku mendapati pemuja rahasia seperti ini. Bingung harus berbuat apa, akhirnya hanya aku cuekin saja.

Selain yang 5 itu, apakah ada yang lain lagi?
Masih banyak lagi. Ada 2062 teman dalam friendlistku saat ini. Sebelum aku melakukan bersih-bersih, friendlistku malah pernah mencapai 5000 teman. Karena aku pikir terlalu banyak teman, dan ada beberapa yang tidak memberikan efek positif, akhir-akhir ini aku sering melakukan bersih-bersih sekaligus merampingkan jumlah friendlistku. Nama-nama yang tak pernah berinteraksi, dengan sendirinya mereka menjadi prioritas utamaku untuk segera melakukan bersih-bersih. Setiap hari pasti ada aja yang aku singkirkan. Biasanya saat perayaan ulang tahunnya. Saat aku periksa profil dan aktivitasnya, entah itu karena profilnya yang terlalu ditutup-tutupi sehingga terkesan rahasia. Atau pun karena dindingnya tidak ada aktivitasnya. Aku akan menghapus nama mereka segera setelah tahu hal seperti itu.

Selain itu, aku juga sering mem-block nama yang aku rasa mulai tidak asyik jika dia selalu berada dalam friendlistku. nama-nama itu aku block karena aku merasa tak nyaman jika selalu diawasi dan komentar-komentar miring masuk di pemberitahuanku atau pun inboxku. Aku butuh kenyamanan dalam dunia maya.

Sekarang ini aku lebih selektif dalam memasukkan nama dalam daftar friendlistku. Butuh dari 200 teman yang sama untuk meyakinkanku untuk segera menerima pertemannya. Jika kurang, biasanya akan berada dalam daftar tunggu dan butuh waktu tertentu untuk menerima pertemannya. Seperti ulang tahunku bulan November yang lalu, ada seratus lebih ajakan pertemanan yang baru aku terima setelah menunggu cukup lama.

Tapi tidak menutup kemungkinan aku menerima nama-nama yang memiliki teman kurang dari 200 teman yang sama. Itu pun dengan syarat, aku cukup kenal dan aku akan merasa nyaman dengannya. Selain itu, aku maunya yang memilih dan menentukan teman yang ingin aku tambahkan, bukan mereka yang menambahkan.  Jadi yang pernah mengirimkan ajakan pertemanan dan sampai sekarang beum aku terima, tunggu aja ya, aku masih dalam proses seleksi untuk memilih teman-teman yang mampu membuatku nyaman dan bersemangat.

3 tahun bersama Facebook, sudah lama ternyata ya....

27 comments:

  1. aku juga selektif pilih teman ^^, tapi bukan pilih-pilih teman. kalau gak ada mutual friendnya sama sekali, patut dicurigakan dan aku diamkan dulu. kira-kira dia tau dari mana fbku ya? :P
    tapi kalau dia inbox sebelumnya, dan berniat menjalin silahturahmi pertemanan yg baik, aku konfirmasi. :)

    ReplyDelete
  2. aku jarang sih dapat inbox dulu sebelum ngajak berteman. dulu aku sering ngirim pesan dul sebelum ngajak berteman, tapi akhir-kahir ini lbh sering tidak karena lbh sering ditambahkan darada menambahkan.

    mutual friendsnya sekarang aku naikain harus 200 tmn yang sama. kalo lbh dari 200 berarti kan ada selera yang sama, jd gak bakal salah pilih teman. :)

    ReplyDelete
  3. aseekkkk..... terimakasihlah ke facebook... salah satu cara mengakrabkan teman lama dan menjauhkan teman dekat..hehe

    ReplyDelete
  4. sebetulnya ga usah di block kang arif. cukup di hide aja bung. jujur saya kasian aja gitu kalo ampe di block ato di remove gitu. hehehe

    ato remve aja komennya yang nyebelin itu.

    :D

    kalo soal confirm, saya confirm aja yang ngeadd saya, palagi pasti dia tau FB saya dari blog. kan di blog saya udah kasih tau alamaat fb saya. hehehe.. yah mungkin dia ingin lebih tau secara personal diri saya. Hahaha

    ReplyDelete
  5. Gua sama kayak lu, kalo ada orang yg nyebelin (ngespoiler film ato WWE misalnya), bakal langsung gua block tanpa ampun, hahaha

    ReplyDelete
  6. wkwkw friend requestku juga masih numpuk belum sempet aku confirm....

    ReplyDelete
  7. Mantap, emang tuh kadang suka ada orang geje minta jadi temen, bkannya smbong, tapi siapa tau tuh orang ntar jahat pengen ngehack fb gue..

    ReplyDelete
  8. @Punya.Tia :

    Dari awal memang aku gak nge-add yg di dunia nyata udah dekat kok. gak enak aja setiap saat diawasi.
    kakakku punya, adikku punya, tapi mereka gak ada dlm friendlistku. memang gak ingin mereka tahu aktivitas dunia mayaku. :)
    Bukan menjauhkan, hanya ingin privasi aja. :D

    ReplyDelete
  9. @1mmanuel'Z-Note5 :

    Itu sebelum tahu kalo ada alat utk menghiden. kalo sekarang memang lbh sering aku hide aja untuk profil yg terlalu banyak mengganggu.
    Sedang untuk profil2 yang memang tidak layak lagi, sengaja aku block. Bkan knapa-napa. cuma karn udah gak cocok lagi, knp harus dipertahankan.
    dgn tidak bisa saling melhat, kali aja bisa terlupakan. :)

    ReplyDelete
  10. @Claude C Kenni :

    Uyeeeee, aku ada temannya. :D

    ReplyDelete
  11. @Asep Saepurohman :

    Punyaku juga banyak. ada 128 orang yang ngajak berteman nih.... tapi masih aku tangguhkan. kapan-kapan aja aku terima, setelah aku menghapus beberapa profil yang tak active.

    ReplyDelete
  12. @Feby Oktarista Andriawan :

    iya. nama-nama yang aneh dan pose aneh biasanya aku gak confirm.
    yang foto gak asli juga gak bakal aku konfirm.
    Udah syarat sih....

    ReplyDelete
  13. Itu mas riu pernah dapet pacar dari facebook? Waw...

    ReplyDelete
  14. FB...iya neh sdh 3tahun gunain FB ternyata. Dari FB juga ketemu banyak teman-teman sekolah yg sempat lost contact total...ambil safe dan baiknya deh pokoknya

    ReplyDelete
  15. @Ririe:

    iya juga nih.... banyak teman2 lama yg nongol lagi di fb. tapi juga gak saling komen lagi. :)

    ReplyDelete
  16. wew gak kerasa udah tiga taun nihh ,btw traktir2 dung #gubrak apa hubungannya ya?

    ReplyDelete
  17. Ops! harus ada perayaan juga ya....

    hmmmm..... tahun depan aja ya...

    ReplyDelete
  18. eh tapi katanya mau di hack tuh facebook, jadi kalaui sistem nya hancur gimna yaw :miaw


    post ini mantap dah

    ReplyDelete
  19. @SHUDAI AJLANI (dot) COM :

    setia dong! soalnya banyak memberikan input positif kok. aku belajar nulis juga banyak dari facebook. buku-bukuku lahir dari facebook semua.
    jadi gak ada alasan utk meninggalkan facebook nih....

    ReplyDelete
  20. @Nasrul:

    Biarkan fb kena hack, itu udah resiko dalam dunia digital seperti ini. Pasti ada cara untuk menyelamatkan, kok. Tenang aja. :)

    Makasih ya....

    ReplyDelete
  21. Aku malah hampir 4 tahun... kenal facebook... awal2 di tahun pertama sering banget gonta-ganti akun facebook... :D jadi itu yang bertahan cuma 3 tahun:D

    ReplyDelete
  22. yg pemuja rahasia itu lho, riu.hehe.. jadi inget prinsip intikali = mencintai tanpa memiliki #halahh :D

    nikmati aja proses belajar di fb, banyak teman, insyaAllah lebih baik. silaturahim akan mendatangkan rejeki dari arah yg tak diduga. ehehe. sukses untuk acara pround to be scount nya ya.. ^^

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!