Wednesday, April 25, 2012

Ganti Password (Lagi)



Hidup dalam abad 21, mau tidak mau kita akan sering berdekatan dengan dunia yang disebut sosial media. Sosial media, situs jejaring soal yang menguhubungkan antar satu individu dengan individu lainnya. Dan tentu saja, saat kita menggunakan sosial media itu, saat ingin terhubung dengannya kita membutuhkan sebuah akun yang jelas harus menggunakan kata kunci alias password untuk memulainya. Nah, seberapa sering sih kamu mengganti pasword akun sosialmu itu?

Menurut studi yang baru-bari ini, hasilnya sungguh mencengangkan. Sebanyak 63 persen pengguna internet ternyata malas mengganti password alias tidak terlalu sering mengubah password, 17 persen mengaku menggantinya setiap kuartal, 9 persen menggantinya setiap tahun dan hanya 4 persen yang mengaku mengubah password minimal tiap bulan. Sisanya, tidak pernah mengganti password sama sekali.

Kalo hasilnya bisa bervariatif seperti itu, kamu termasuk golongan yang mana tuh?

Sejujurnya, dulu aku memang orang yang jarang banget mengganti password. Tapi setelah melihat betapa banyaknuya akun sosial media yang kena hack akhir-akhir ini, mau tidak mau aku harus mengikuti beberapa pakar media untuk sesering mungkin mengganti passwod. Dan saran itu sudah aku lakukan beberapa tahun belakangan, khususnya sejak kejadian tragis tahun 2010 itu. 

Aku sempat mengganti password paska kejadian itu. Alasannku waktu itu adalah karena password yang aku gunakan adalah menggunakan nama dia, kalo dia saja sudah tak bersama diriku, buat apa lagi aku menggunakan password itu untuk semua akunku. Akhirnya, sejak itulah passwordku sering berganti. Dan hari ini, aku memutuskan untuk mengganti password sosial mediaku lagi dengan kata baru dan tentunya punya arti tersendiri bagiku. 

Tahu tidak, aku menggunakan nama orang yang saat ini sedang mengisi hatiku. Tidak, bukan karena aku memanfaatkan moment hubungan baruku, cuma sejak bersamanya otakku keknya gak mau lepas dari memikirkannya. Dan aku menggunakan nama dia tentunya juga karena aku ingin hubungan kami berlangsung lama, semoga tidak akan pernah ada masalah yang akan memisahkan kita. Karena aku tahu, aku benar-benar suka dia. Suka dan tak ingin berpisah dengannya.

11 comments:

  1. Wah ... saya jarang banget ganti password. Apalagi berkala hehehe. Masih nyaman dengan password sekarang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dulu juga githu. tp pas kena bobobol akuku, akhirnya baru kras gak enaknya. makanya sekarang rajin ganti password. :)

      Delete
  2. romantis banget pake nama dia hehe.. kalau aku password fb, twitter, email jarang ganti tapi beda2 (mudah2an ga tiba2 jadi pikun hehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi kasmaran nih....hehehe
      doain moga langgeng ya...

      Delete
  3. ganti password ternyata penting penting juga ya sob

    ReplyDelete
  4. sebenernya sih tergantung orangnya. saya gak akan ganti password selama 2 tahun. makanya hati2 main diwarnet. selesai main jangan lupa di clear private data. dan jangan lupa direstart.

    ReplyDelete
    Replies
    1. punyaku kan udah gak ama, Aldy. makanay harus ganti lagi :)

      Delete
  5. hmmm...
    apa malah ga bikin lupa kalo gonta-ganti password...
    bisa siphilis lho...
    :P
    (apa sih)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak dong! justru kalo sering gonta-ganti password, aku kiyta jadi lebih aman. Selain itu, kita juga nglatih otak kita utuk tidak cepet pikun, kan? hahaha

      Delete
  6. Kalo gw sih gak pernah, maklum orang yang gak ngetop sih.. :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!