Sunday, May 8, 2011

Arti Lagu JUDAS - Lady Gaga




Setelah sebelumnya gw berhasil posting tentang arti lagu dari Lady Gaga - Born This Way yang ternyata banyak dibaca oleh pengunjung blog ini, maka pada kesempatan ini gw juga ingin memposting lagu kedua dari penyanyi super nyentrik ini, JUDAS. 

Judas ini kalau dilihat dari lyrics secara keseluruhan, maka Judas ini bercerita tentang cinta dan pengampunan. Atau juga tentang jatuh cinta pada cinta yang salah (Yudas bukan Yesus), namun lagu ini jauh lebih dalam dari itu. Percaya atau tidak, Gaga adalah seorang Kristen. Meski ada juga yang meragukannya. Tapi yang jelas, dia percaya Tuhan dan  mengasihi semua orang tanpa memandang siapa mereka. 

Dalam lyrics pertama ia mengatakan ia akan membasuh kakinya (ada dalam praktik Kristen Ortodoks) dan meminta agar ia diampuni/dimaafkan bahkan setelah dia mengkhianati. Namanya orang, pasti pernah melakukan kesalahan. Jadi wajar kalau ada kesalahan, pasti mengharap belas kasihan.

Dalam lyrics kedua, ia mengatakan dia tidak bisa "mencintai seseorang begitu murni, bahkan kegelapan mengampuni kegelapan itu sendiri, saya telah belajar cinta seperti batu bata, Anda dapat membangun rumah atau wastafel mayat daripadanya"  (I couldn’t love a man so purely, Even prophets forgave his goofy way, I’ve learned love is like a brick, You can build a house or sink a dead body)

Dia mengacu pada gagasan bahwa bahkan yang terburuk dari tindakan saja dapat bertobat dan dapat dimaafkan jika dia secara tulus memintanya, maka aneh kiranya jika ada salah tapi tak meminta maaf. Sedangkan Yudas, dalam ceritanya Yudas tidak memilih untuk bertobat, tapi dari penyesalan atas pengkhianatannya ia melakukan bunuh diri. Jika ia tidak bersalah karena keserakahan dengan kasih-Nya (digambarkan sebagai batu bata) dalam Yesus, ia bisa dalam arti "membangun rumah" (membantu menyebarkan kata), tetapi karena tindakan mementingkan diri sendiri merasa begitu buruk maka iadan menggantung diri.

Injil mengatakan anak manusia akan keluar seperti yang direncanakan oleh dewa, "tetapi celakalah orang yang mengkhianati anak manusia itu akan lebih baik jika ia tidak dilahirkan.." Dia pada dasarnya melakukan dosa terbesar, tapi di sini Gaga berbicara seolah-olah dia Marry Magdalena. Menurut bukti baru, Yesus dibersihkan oleh 7 setan dan yang pertama melihat Yesus setelah kebangkitan-Nya adalah Maria. Maria tahu dari pengalaman pribadi pengampunan ada di sana bagi siapa pun untuk memperoleh, oleh karena itu Gaga berbicara seolah-olah Maria akan memperlakukan Yudas sama, agak atau tidak ia bertobat karena ia masih seorang pria dan dia tidak bisa menilai dia.  


Bila bermain di fakta, Maria adalah mantan pelacur kita mendapatkan baris terakhir dari jembatan di mana dia menyimpulkan bahwa jika Anda tidak ingin mendengar kebenaran (yang kita tidak bisa menilai Yudas) maka tidak mendengarkan.

Kita harus ingat meskipun apa yang Yudas lakukan adalah tindakan yang mengerikan, yang dalam arti alkitabiah ini harus terjadi. Ini keyakinan Kristen. Alkitab memberitahu kita untuk mengasihi sesama-Mu dan bahwa kita tidak untuk menghakim orang lain atas kesalahn yang dilakukannya. Kita tidak bisa menilai orang untuk siapa mereka, berbeda ras, agama, atau orientasi seksual. Itulah makna dari lagu tersebut.




Tapi inti dari lagu ini adalah masih sama dengan lagu sebelumnya, yakni membela kau minoritas, (maaf) kaum Homi-Lesbian. 

21 comments:

  1. Agak aneh ya? ntar aja diperbaiki, skrg lg g mood nerjemahinnya.
    btw, lagu selanjutnya adalah 'The edge of Glory'. Ini sudah dpt kabar resminya dr Lady Gaga

    ReplyDelete
  2. berarti lagunya menyimpang dong?

    ReplyDelete
  3. sebenernya itu real ga sii?

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya sih tidak....... Dia kan lagi membela golongan orang yang selama ini dianggap aneh.
    Tapi tergantung siapa yang menilai sih! kalau homo dianggap penyakit dan kelainan sehingga harus disingkirkan, berarti lagu ini tidak cocok dengan kamu.
    Kalo aku sendiri sih, oke-oke aja. Namnya juga lagu, yang penting enak, nggak masalahlah! hahaha... *Cari aman*

    ReplyDelete
  5. sek bingung,,,,
    butuh pemahaman ekstra.....
    @_@

    ReplyDelete
  6. permisi, mau correcting:
    Di lirik pertama, anda salah translate:
    prophets adalah nabi, bukan kegelapan.

    cheers,

    ReplyDelete
  7. Jangan terbawa pengaruh perkataan banyak orang, jika memang sesuatu itu salah, maka katakanlah salah. entah itu minoritas ataupun mayoritas, jika memang salah harus diperbaiki. di dunia maya banyak artikel dan pemikiran yang mendukung sikap Lady gaga, tapi para pemikir harus bersikap kritis akan hal ini, bukan hanya untuk kabaikan orang lain tapi lebih kepada kebaikan untuk diri sendiri.

    Saya khawatir tulisan ini mendukung sikap kontroversi lady gaga, yang sarat akan pemikiran atheisme, freesex dan matrealis. terlepas dari dugaan apapun untuk agama yang sedang dia anut.

    jika memang seseorang ingin menyampaikan pesan agama, maka sampaikanlah dengan sikap yang pantas. bukan dengan simbol-simbol sex dan setan.

    saya memang bukan orang kristen, dan bukan juga orang yang pluralis, tapi saya menghargai kebenaran. dan sikap lady gaga adalah salah.

    Mau bukti cari saja di youtube...

    ReplyDelete
  8. wah hebat... kamu membahas dengan sudut pandang positif!!! ACUNGING JEMPOL buat RIU RIU!!! ^^

    Klo TK sih gak gitu peduli sama arti dari lagunya... TK udah suka banget sama GAGA... ahahhahaha... menurut TK dia punya konsep yg khas... dan lagu-lagu yang kontrofersi itu kan gak ada yang tau sesungguhnya apa dibalik semuanya...

    TK sih suka sama GAGA!!!

    Go GAGA!!!

    ReplyDelete
  9. entahlah, opo iku mas, sing penting aku tetep nge Fans mbek mommy monster \^o^/

    ReplyDelete
  10. aku setuju sama anymous,
    tapi si mas Riu cari aman..
    pinterrr #acungi jempol

    ReplyDelete
  11. apapun itu, aku suka Lady GaGa..!
    msih bnyak sisi positif yg dia mliki :)
    but, thnx ats infonya, RIU!

    ReplyDelete
  12. soal kalimat terakhirnya itu, kukutip yah tweet seorang ustad kondang...

    "Thd maksiat&dosa: lesbi, homo, gay, saya tdk mmusuhi orangnya. Malah kasian. Tp kasian itu bukan lantas mmbiarkan, aplg mmfasilitasi."

    dan aku setuju.... mengasihi mereka bukan berarti dibiarkan lho... ^^

    ReplyDelete
  13. Terus di salah satu liriknya ada kalimat begini "jesus is my virtue and judas is demon " itu lady gaga bego apa ya orang udah tau sendiri judas itu demon ato setan kenapa masih cinta , terus pada video judas , si judas pake mahkota duri itu kan hanya dipakai tuhan yesus kristus , terus pada ending video llady gaga berdiri di atas batu sambil terlentang tanganya lalu diterpa air dan jatuh kan ? Itu mengambarkan salib yang jatuh ato runtuh hanya diterpa ai bah

    ReplyDelete
  14. Terus di salah satu liriknya ada kalimat begini "jesus is my virtue and judas is demon " itu lady gaga bego apa ya orang udah tau sendiri judas itu demon ato setan kenapa masih cinta , terus pada video judas , si judas pake mahkota duri itu kan hanya dipakai tuhan yesus kristus , terus pada ending video llady gaga berdiri di atas batu sambil terlentang tanganya lalu diterpa air dan jatuh kan ? Itu mengambarkan salib yang jatuh ato runtuh hanya diterpa ai bah

    ReplyDelete
  15. bagus mas untuk analisanya. saya kaum muda sangat butuh hal seperti ini. kelihatan bagus tapi jelek isinya. teruskan dan saya juga banyak mengamati lirik - lirik lagu yang beredar.

    ReplyDelete
  16. sangat bagus informasi. saya kaum muda harus banyak melihat sisi lain, jangan karena tenar dan enak didengar tapi justru malah buat psikologis kita masuk ke tujuan mereka.

    ReplyDelete
  17. tolong mas kaji juga lagu Jay-Z feat Justin Timberlake Holy Grail, banyak isi untuk kemunculan New World Order yang semakin terang-terangan. Thanx

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!