Monday, September 12, 2011

Kapan Nikah?

(Lagi) Pagi ini dimulai dengan sedikit emosi meledak-ledak gara-gara pertanyaan sepele di status FB. Riu bilang sepele karena pertanyaan ini wajar ditanyakan kepada seseorang yang telah "cukup" umur, tapi tak kunjung menikah. Meski pertanyaan ini bukan ditujukan ke Riu, tapi karena pernah dalam situasi seperti itu, situasi dimana ingin memberikan jawaban dari pertanyaan "biasa" itu tapi tak tahu harus menjawab apa. Bete 'gak sih?!

Riu sadar banget kalo pertanyaan itu "standar" banget, lumrah ditanyakan orang yang sudah menikah kepada orang yang belum menikah. Orang yg belum menikah yang pengen liat temennnya segera menikah. Biasa, biasa, biasa. Biasa dan hanya basa-basi saja, tapi bagi Riu itu pertanyaan bikin emosi naik saja. Bosan bener denger pertanyaan basa-basi seperti itu. Tidak ada pertanyaan lagi apa selain pertanyaan "Kapan nikah?".

Nggak taulah, sebenarnya apa sih yang dipikirkan orang yang bertanya seperti itu. Hanya candaan ato memang bener-bener ingin segera dapat undangan? Heran Riu kenapa makin banyak aja orang yang bertanya seperti itu. Mereka itu pernah mikir gak sih kalo yang ditanya juga bingung mau ngasih jawaban seperti apa.  Riu yakin, mereka tidak pernah berpikiran bagaimana blingsatannya orang yang mendapat pertanyaan itu buat ngejawab tanpa terlihat memendam emosi. Jengah aja!

"Kapan nikah?"

Kalo dapat pertanyaan seperti itu, pengennya sih kasih jawaban "Secepatnya." Tapi apa memang segampang itu. Pas ngomong itu tiba-tiba muncul cewek cantik di depan Riu, yang menerima apa adanya Riu, siap mendampingi Riu baik dalam sehat atau sakit, dalam bahagia dan duka. Tapi kan tidak serta merta keinginan itu dikabulkan olehNya, oleh Tuhan maksudnya. Jodoh itu hak prerogratifNya, Riu gak tau kapan dipertemukannya. Riu sih pengennya secepatnya, tapi kan Dia punya jadwal tersendiri buat mengirimkan jodoh itu kepada Riu. Kalo sekarang Riu masih "single" aja, jangan tanya berkali-kali "Kapan nikah?" dong!

"Udah, jangan milih-milih!"

What, jangan milih-milih? dikira cari jodoh itu gampang apa, ampe gak perlu milih-milih. Kan harus ada seleksi sebelum eksekusi. nyari pasangan itu gak segampang ngomongnya, banyak perhitungan yang dibuat. Gak sadar apa, nikah itu bukan untuk sehari dua hari, tapi untuk seumur hidup. Kalo langsung tubruk aja, setelah tau bagaimana kehidupan setelah pernikahan, jadi nyesel. Ntar kalo main tubruk aja, nyeselnya kayak kasus, siapa kemarin, yang laki dapat laki. 

Nyari istri itu gak segampang itu.... Nggak perlu milih-milih? emang situ mau tanggung jawab kalo Riu gak bahagia kalo hanya sekedar tubruk, nggak milih yang "klik" di hati, nggak nyaman di hati saat bersamanya. Masalah jangan milih-milih ini sebenarnya gak akan jadi runyam kalo yang tanya itu sadar, menikah dan jodoh itu hanya urusan waktu. Sepingin-penginnya Riu untuk menikah, kalo blum dikirim dan dipertemukan, mana bisa secepatnya. Apalagi ditambahin jangan milih-milih! What the hell!

Kalo waktunya tepat, orangnya dapat, pasti aku kirimin undangannnya deh! Situ hanya butuh undangan aja, kan? kalo Riu salah pilih, dan ternyata dia seorang teroris, gw doang yang nyesel tujuh turunan. Iya kalo gw jadi turunan yang kedelapan, nggak sampe ngrasain nyeselnya. Tapi kalo turunan yg pertama, situ mau ngasih obatnya?

Huh, beneran terbawa emosi banget ya..... padahal pertanyaan itu ditujukan ke temenku lho... tapi pas nulisnya, eh malah Riu jadi bawabawa nama sendiri karena gregetannya. Nggak taulah, itu pertanyaan kenapa jadi sering ditanyain kalo ketemu.

Riu sadra, pertanyaan itu nggak bermaksud untuk memojokkan, apalagi menikam. Tapi kalo yang tanya itu sadar, dengan melontarkan pertanyaan "Kapan Menikah?" itu udah menyakiti orang yang ditanya. Lebih sensitiv dikit napa dengan nasib orang-orang yang (masih) "single" gini.... Diem-diem gini, sini juga lagi nyari yang tepat, nyari yang 'klik' buat secepatnya menikah. Berhentilah bertanya dengan pertanyaan itu kalo gak mau dicap usil dan mau ikut urusan orang lain aja. Jadi berhentilah untuk tanya seperti itu lagi. ya....

Sebagai penutup emosiku hari ini, Riu kutip sedikit kata-kata yang Riu peroleh dari buku Reuni Fobia,   
"Kebahagiaan 'kan tidak selalu harus dicapai dengan menikah."

12 comments:

  1. tabahkan hatimu mas.. heheheh

    sama sih saya juga begitu.. tapi umur masih belom genap 22 ini.. jd kalo ditanya bagitu *pura-pura ngga denger* hahahaha :P

    ReplyDelete
  2. Kalo aku sih orangnya pendiem, jd sangat jarang orang akan menyapaku lebih dulu kalo aku gak mulai. Untuk petanyaan seperti ini pun aku juga udah punya jawaban2 yg harus diberikan biar gak nanya lagi. hehehe

    ReplyDelete
  3. berdoa semoga didekatkan dengan pasangan hidup...
    :)

    ReplyDelete
  4. Belo pernah juga ngerasain esmosii jiwa kayak gitu,, pengen getok aje kepalenye kalo ada yang nanya kayak gitu, sumpaaahhh pertanyaan itu sensii bangett, bikin gue nangis bin bete.
    tapi,, ya udahalh.. siapa juga siih yang kaga mau nikah? kalo udeh waktunye juga bakal nikah,, iye kagaa..???!!

    ReplyDelete
  5. Gila, nasib kita berdua sama bung...gua juga udah sering ditanya2 gitu, gara2 di keluarga bokap, semua sodara tuh udah pada married n gendong anak...kecuali gua dan adik gua, hahaha

    ReplyDelete
  6. @Zone : Amin.... Semoga semakin deket jodohnya, biar gak sering ditanya "kapan nikah?" :D

    ReplyDelete
  7. @Claude C Kenni: Iya, parah banget kalo tiap kali ketemu selalu ditanya seperti itu. Udah dibilangin kalo udah ketemu jodoh, pasti nikah aja, eh tetep aja ngeyel ditanya kapan.

    ReplyDelete
  8. @Belo: Begithulah..... gak tau, apakah mereka nanya seperti itu udah pada mikir kagak ya.... udah tau kita juga udah berusaha mati-main buat ngejar jodoh, tapi emang blm dikirimkan aja ama Tuhan, mau gimana lagi. Seharusnya mereka juga mikir, menyakiti orang tidak dgn pertanyaan seperti itu.
    Tapi boro-boro mikir, tiap ketemu aja pasti yg dtanyaain pasti ttg itu. Huh!

    ReplyDelete
  9. Haha, kalo memang sering ditanya kapan nikah, ya nikmati aja pertanyaan itu, gak usah berbohong bahkan marah. :)

    Jodoh itu meskipun sudah ditentukan ama Tuhan, manusia tetap harus berusaha mencari, ya toh? ;)

    Dan juga, memang kebahagiaan tak harus dicapai dengan menikah. Saya juga belum nikah, jadi belum tahu rasanya. :D Tapi, saya yakin seyakin-yakinnya, dengan kita menikah kita akan mendapat kebahagiaan berkali-kali lipat ketimbang nggak menikah. ^^

    ReplyDelete
  10. Ehm.... kalo terlalu sering ditanya, "Kapan nikah?" apa tetep biasa aja? ini masalah bukan marah ato tidaknya lho..... Aku sih sudah gak nganggep lagi dgn pertanyaan seperti itu....

    Tapi pertanyaan ini hanya sekedar basa-basi saja dan paling sering membuat kesulitan yg menerima pertanyaan untuk menjawabnya. Sabar sih tetep sabar, tapi kan ada batasnya. Tiap ketemu hal yg paling perama ditanyain pasti itu itu aja, bete kan?!

    Oke, setuju bnaget kalo jodoh dari Tuhan dan kita wajib berusaha. Tapi lagi-lagi kan kembali hak prerogatif Tuhan, berusaha semaksimal mungkin, berkali-kali nyari, kalo blm waktunya, tetep aja gak bakal nemu.

    Utk masalah menikah, aku gak tau pasti. Kalo contoh yg sering aku lihat di sekitarku, menikah itu bencana. Maaf, ini hanya terjadi di lingkunganku lho ya.... kalo di lingkungan pean menikah itu indah, ya terserah.

    Btw, thanks for coming here. :)

    ReplyDelete
  11. hehe.. sabar aja, riu.. ntar kalo dah nikah pertanyaannya berlanjut dah. "kapan punya momongan, kapan ngasih adek lagi" walahh.. jadi kayak di iklan tivi. :D

    ReplyDelete
  12. bukannya kata bang roma bujangan itu nikmat juga kalo di jalani,, hehe,,, btw kapan emng mo nikahnya,,,nah loh

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!