Sunday, December 8, 2013

Aku Masih Jadi Follower Blogmu, Gak?


Dulu, niat membuat blog ini bukanlah untuk bisa dibaca banyak orang. Belum PD rasanaya dengan tulisanku pada awal-awal ngeblog dulu. Jadi niatnya dulu pokoknya nulis aja, peduli amat orang lain mau baca atau tidak. Mau berkunjung, silahkan. Tak berkenan juga silahkan.

Kemudian berubah niat. Ketika aku memutuskan bergabung dengan group-group blogger, saat itu aku pengen blogku dikunjungin banyak orang. Saking niatnya, beberapa group telah aku ikutin. Aktif di dalamnya, sering meninggalkan link di dalamnya. Beberapa blogger juga aku tambahkan dalam pertemanan sesama blogger. Aku mengikuti blognya, demikian juga dia mengikuti blogku

Kemudian niat itu berubah lagi. Setelah vakum selama satu tahun, niat untuk ngermein group-group blogger berhenti. Saat ini aku lebih seneng pokoknya update blog. Urusan ada yang datang berkunjung atau tidak, tak jadi persoalan.

Sekarang aku juga tak aktif lagi blog walking seperti dulu-dulu lagi. Hanya beberapa blog yang menurutku punya nilai lebih di penilaiankulah yang masih sering aku kunjungi. Tak banyak, hanya beberapa saja.

Bahkan saat ini aku sedang merampingkan beberapa blog yang aku ikuti. Dari 300an blog yang aku ikuti, beberapa sudah tidak aku ikuti karena blognya sudah tak aktif lagi. Aku tahunya setelah melihat satu persatu blognya. Jika tak ada aktifitas selama beberapa bulan, berarti alamat jika blognya tak lagi aku ikuti. Kecuali kalo blognya punya pertalian khusus denganku, khususnya dari segi postingan dan pertalian emosi.

Maaf, bukannya sombong. Hanya ingin lebih selektif saja dalam memilih blog. Lagian yang paling banyak aku bersihkan adalah mereka yang juga tak menjadi follower blogku kok. Jadi tenang aja. Boleh dicek, apakah aku masih jadi follower blogmu, gak?

2 comments:

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!