Wednesday, January 19, 2011

Travelling Sendirian? Enak Gila!

Belum banyak yang tahu, kalau saya penggemar travelling. Kalau orang biasanya selalu memilih ditemani kawan, saudara, kerabat, atau kekasih untuk menjelajah kota atau tempat asing yang belum pernah disinggahi, saya selalu lebih memilih travelling seorang diri. Karena apa? Saya merasa lebih leluasa menjelajah tempat asing yang sama sekali baru sendirian. Saya yakin travelling adalah sebagai cara atau waktunya untuk rileks, mengenal budaya, serta mengenal dan berdialog dengan dirinya.

Selalu ada cerita menarik dari setiap destinasi. Dengan berjalan sendirian, saya lebih bisa mengeksplorasi segala hal.

Selain untuk memupuk rasa kepercayaan diri yang kurang dalam diri saya, ini juga akan menjadi modal penting menjadi independen. Ada sejumlah alasan lain yang membuat saya lebih memilih travelling sendiri.

Bagi saya, waktu untuk sendiri saya dapat saat menjelajah suatu tempat seorang diri. Inilah waktu yang begitu saya nikmati khusus untuk mengenal diri. Berdialog dengan hati dan apa yang saya inginkan. Inilah waktunya 'me time' bagi saya.

Kedua, Membuat keputusan untuk diri sendiri.
Menjalani solo backpacking artinya meletakkan semua keputusan, tanggung jawab atas diri sendiri. Keputusan apapun yang saya buat saya terima konsekuensinya sendiri. Selain belajar berani mengambil keputusan, di sisi lain, cara ini juga meminimalisasi risiko. Lain halnya, jika melakukan travelling dengan orang lain. Keputusan bersama. Risiko bisa dihadapi bersama, kadang malah saling menyalahkan. Tak enak saja jika harus saling menyalahkan atau bahkan kecewa dengan tempat tujuannya.

Saya kalau jalan-jalan sendiri akan lebih gampang melihat-lihat objek yang saya kunjungi, pendekatan saya jadi lebih personal dan lebih dalam. Soalnya bisa lebih berlama-lama.

Ada yang mengatakan, kalau travelling sendirian, nggak enaknya adalah nggak bisa foto-foto. Siapa bilang......? saya malah kalau travelling sendiri, pasti fotonya malah makin banyak. Nggak percaya? boleh deh liat album di Facebookku :
  1.  Album 1
  2. Album 2 
  3. Album 3 
  4.  Album 4
  5. Album 5 
  6. Album 6 
  7. Album 7 
  8. Album 8 
  9. Album 9 
  10. Album 10 
  11. Album 11 
  12.  Album 12

Yang pasti sih.... suka banget kalau travelling sendirian. Mau coba?

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!