Monday, February 21, 2011

Kebebasan Sebenarnya

Ada yang tanya, kebebasan yang seperti apakah yang saya inginkan? Selama ini saya terus mencari dan menelusuri, kebebasan seperti apa? Dan akhirnya baru kemaren saya dapati, apa yang saya mau selama ini.

Kebebasan yang sebenarnya adalah kebebasan untuk berbuat salah. Demikian kata seorang teman. Dan saya mengamininya.

Selama ini saya memang sering bermain aman. Tak pernah mencoba hal-hal baru demi mencari pengalaman. Saking terlalunya, saya menjadi tipe penakut untuk berbuat salah.

Setiap ada tantangan baru, saya selalu mencari akal, bagaimana dapat menyelamatkan diri agar tak harus mengerjakan tugas itu.

Ternyata saya salah. Harusnya saya terima tantangan itu. Dengan tantangan, saya dapat belajar. Belajar dari keberhasilan serta belajar kesalahan. Bukankah dari berbuat salah itulah kita dapat menjadi baik?

Karena itulah, kebebasan paling bagus adalah kebebasan untuk berbuat kesalahan. Dari sanalah kita dapat belajar. Belajar menjadi baik tentunya.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!