Sunday, June 19, 2011

A Good Apology


A good apology has 3 parts: 1.I'm sorry 2.It was my fault. 3.How do I make it right. But a lot of people usually miss the 3rd part.
Setiap orang pasti pernah berbuat salah, beda tingkat, beda pula cara meminta maafnya. Kita pasti pernah membuat kesalahan, sekecil apa pun. Misalnya saja, Anda berbincang dengan teman, dan tanpa Anda sadari Anda telah berkata kasar dan menyakiti perasaannya. Memang sih, Anda tidak bermaksud jahat. Bahkan teman Anda juga tidak merasa tersinggung dengan perkataan Anda. Namun, tetap saja ada perasaan tidak enak dan canggung.

Meminta maaf mungkin bukan sifat Anda. Beberapa orang menganggap meminta maaf berhubungan dengan harga diri dan menunjukkan kelemahan diri.ngat, meminta maaf adalah bentuk penyembuhan harga diri dan memberikan kesempatan orang lain untuk memaafkan Anda. Selain itu, meminta maaf mengobati hubungan yang ada.

Dalam kutipan di atas pasti kita tahu, ada 3 cara untuk meminta maaf. Pertama, katakan "Aku minta maaf." Kedua, Katakan "Ini memang salahku." Dan ketiga, ini yang paling sering dilupakan oleh banyak orang ketika minta maaf. Seharusnya, kalimat yang ketiga itulah yang dikatakan setelah dua cara sebelumnya dilakukan. Apakah itu? "Bagaimanakah caranya agar aku dapat membenahi kesalahanku?"

Gampang, kan? Bangeeeeet!!!

2 comments:

  1. sometimes it's so easy to say..but sometimes is not..depend on the condition...how about u?? have u try it in ur life???
    nice post man,..:)

    ReplyDelete
  2. ya kadang kita malu kalau harus mengakui kesalahan kita sendiri, dan pura2 tidak pernah melakukan kesalah dan berharap masalahnya lenyap. padahal tidak.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!