Friday, December 9, 2011

Selamat Hari Anti Korupsi seDunia

Hari ini ada sesuatu yang unik yang aku temukan di dalam timeline-ku. Siapa lagi kalau bukan pak mentri penuh sensasi, @tifsembiring. Pagi-pagi sekali beliau membuat sebuah tweet yang cukup menarik sekaligus banyak dihujat. Emang kenapa?

Begini..... 
Hari ini kan diperingati sebagai hari anti korupsi sedunia. Menurut sejarah, pada tanggal 9 Desember 2003, Perserikatan Bangsa-Bangsa menyetujui untuk melaksanakan sebuah Konvensi Anti Korupsi (United Nations Convention Against Corruption) di Meksiko. Konvensi ini dimaksudkan untuk memerangi tindak korupsi yang dinilai sudah merajalela dimana-mana. Sejak pertemuan konvensi itulah, tanggal 9 Desember ditetapkan sekaligus diperingati sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia. 

Sudah bukan rahasia lagi, korupsi memang dinilai sebagai musuh bersama masyarakat dunia sekaligus menjadi The Common Enemy. Sebagai penyakit yang dinilai telah menjangkiti hampir semua negara atau global, kegiatan korupsi ini sudah berlangsung  sejak zaman kebesaran Romawi hingga keadidayaan USA saat ini. Bahkan saat ini  korupsi masih ada dan semakin menggurita. Indonesia salah satu negara yang kena wabah tersebut.

Indonesia, seperti yang kita ketahui berasama, adalah negara yang termasuk dalam salah satu negara yang juga tidak bisa hidup tanpa adanya tindakan korupsi. Korupsi dinilai sudah benar-benar merajalela di negri tercinta ini. Bahkan ada juga yang melabeli bahwa negara kita termasuk dalam salah satu pasien penderita penyakit korupsi stadium akut. Yang namanya akut, tentu saja sulit kalau mau diberantas dengan satu kali pengobatan saja. Butuh waktu, dan butuh tenaga ekstra untuk menciptakan Indonesia menjadi negara yang bersih dari tindakan korupsi.

Menurut Corruption Perception Index yang diterbitkan oleh Transparency International (TI), Indonesia tercinta ini mendapatkan  Indeks Persepsi Korupsi (IPK) berturut-turut dari tahun ke tahun. Mulai dari IPK 1,7 (2000), 1,9 (2001-2003), 2,0 (2004), 2,2 (2005), 2,4 (2006), dan 2,3 (2007(i)). 

Menurut pengertiannya, Korupsi  berasal dari bahasa Latin, corruptio. Kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, dan menyogok. Secara harfiah, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus/politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.

Dalam arti yang luas, korupsi atau korupsi politis adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Semua bentuk pemerintah|pemerintahan rentan korupsi dalam prakteknya. Beratnya korupsi berbeda-beda, dari yang paling ringan dalam bentuk penggunaan pengaruh dan dukungan untuk memberi dan menerima pertolongan, sampai dengan korupsi berat yang diresmikan, dan sebagainya. Titik ujung korupsi adalah kleptokrasi, yang arti harafiahnya pemerintahan oleh para pencuri, dimana pura-pura bertindak jujur pun tidak ada sama sekali.(i

Sejak ditetapkan menjadi hari anti korupsi dunia pada 9 Desember 2003 silam, Indonesia sudah berkali-kali turut andil dalam merayakan sebuah peringatan yang tujuan utamanya adalah memberantas tindakan korupsi di Indonesia. Tapi nyatanya, Indonesia tetaplah Indonesia. Dan korupsi adalah salah satu budayanya. 

Meski sampai sekarang perang melawan tindak korupsi masih terjadi dan mendapat perlawanan balik dari mereka-mereka yang melakukan tindak korupsi, tapi kita tidaklah boleh pesimis. Tidak boleh ada keraguan sedikitpun untuk memerangi korupsi. Tentu, ini pekerjaan yang tidak ringan. Namun kita harus terus melangkah tegap, dengan derap mantap, maju ke depan melawan serangan-serangan balik demikian itu, dengan hanya satu tujuan, yaitu menciptakan Indonesia yang lebih bersih untuk sebuah tujuan yang mulia, yaitu menciptakan sebuah masyarakat lebih sejahtera dan adil.(i

Kembali ke tweet yang aku temukan dari pak mentri kita itu, pagi ini beliau men-tweetkan sebuah kalimat yang nantinya dia rubah kembali karena dinilai salah oleh banyak orang. Berikut adalah tweetnya:

@tifsembiring: Apa yg menurut tweeps budiman bisa kita lakukan bersama sbg masyarakat utk memberantasnya? #HariKorupsi
Dan bagaimana reaksi dari para netter setelah membaca tweet dari map mentri tersebut, berikut sebagian tanggapannya. 

@candramalik: Menteri Komunikasi dan Informasi @tifsembiring kok malah ngetwit dg hashtag #HariKorupsi tho?? #HariAntiKorupsi, Pak Bro :)
@spawnist Anthony Sinaga ngawur betul ini pak @tifsembiring. hari ini #HariAntiKorupsi#HariKorupsi. cuci muka dulu pak. msh ngantuk? eh dia malah pake hashtag
Hmm.... apakah dengan perayaan hari anti korupsi sedunia ini tindak korupsi akan lenyap dari negri kita tercinta? Semoga. Meski memberantas korupsi memang sulit. Tapi hidup kita akan lebih sulit lagi nantinya jika korupsi tidak diberantas. Betul?

Selamat merayakan hari anti-korupsi, selamat menjalankan kehidupan yang bersih. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa membimbing perjalanan bangsa kita ke arah yang benar, menjadi negara yang besar dan tidak ada lagi tindakan korupsi yang akan merobohkan negri ini dalam jurang kehanjuran sekali lagi. amin.

Sebagai penutup, berikut ada satu gambar yang aku temukan untuk menguji, apakah kita juga termasuk salah satu orang yang telah bertindak korupsi atau bukan. Silahkan lihat gambarnya dengan seksama, dan temukan fakta unik di dalamnya. 

Seberapa korupsikah pikiran kamu, silahkan buktikan!




 
Apakah kamu melihat lumba-lumba di dalamnya?

50 comments:

  1. sekarang? ah ane gak yakin kalau emang semua memperingati, namanya juga kotor masak ada hari tanpa kotor. gak BIsagak BISA

    ReplyDelete
  2. @Nasrul:

    Tapi sekarang diperingati, bro. Diperingati untuk mengingatkan kembali, bahwa korupsi itu tindak kejahatan yg bnayak merugikan banyak masyarakat, maknaya harus dibasmi.
    Justru dgn perayaan ini semoga semangat memberantas angka korupsi bener-bener berjalan.

    ReplyDelete
  3. Ada tho hari korupsi...
    Saya baru aja ada ide mau nulis cerita tentang saya yang korupsi terhadap negara dua hari lalu.
    Tapi abis nulis barang rahasia dulu deh~ :D

    ReplyDelete
  4. Ada. hari ini pak Presiden kita mau memberikan pidato lho....
    Ntar jangan lupa nyalain tv, biar tahu gimana perayaan peringatan hari anti korupsi ini.

    PR-nya udah jadikah?

    ReplyDelete
  5. lumba2nya buka yg disisi botol itukah? hmmm semakin di pandang gambar dlm botolnya, wew... erotis sekali :p

    ReplyDelete
  6. Wah pantes... tadi di depan Universitas Lampung banyak mahasiswa demo... mungkin untuk memperingati Hari Anti Korupsi ini ya :D

    ReplyDelete
  7. @Syam Matahari:

    Lihat lagi..... dimanakah letak lumba-lumbanya.
    Kalo yang dilihat adalah yg erotis, berarti pikiran udah melakukan korupsi ituh! hahaha
    Hayo, ngaku! kwkwkw

    ReplyDelete
  8. @Kak Rin!!!:

    Iya pastinya. Hari ini memang banyak demo yg terjadwal, mahasiswa tentu aja gak mau ketinggalan. :)

    Kamu ikutan gak?

    ReplyDelete
  9. Aku gak mau akh...

    Kebetulan tadi aku sempet photo.. :D
    http://s10.postimage.org/50s9xqo9j/09122011380.gif

    ReplyDelete
  10. eh sekarang emang????

    *gw lupaaa... yaah ga ikutan demo deh..hhahaa

    ReplyDelete
  11. kaget aku, kirain yang komentar ada 210...

    ReplyDelete
  12. "seharusnya hukum itu buta, bukan memandang mana yang kebal hukum mana yang sasaran empuk. Bukankah semua orang sejatinya tidak kebal hukum" #korbaniklan

    ReplyDelete
  13. gambarnya keren, lumba-lumbanya banyak. tapi hubungannya sama "seberapa korupsikah pikiran kamu?" apa ya??

    setidaknya dengan adanya hari anti korupsi, kita masih diingatkan bahwa korupsi itu baiknya di jauhi, bukan malah dibudidayakan :)

    ReplyDelete
  14. @Kak Rin!!! :


    Sip, aku mau liat deh!

    Btw, knp gak dibuat postingan aja, kan seru bagi pengalaman buat tulisan blog. aku jarang-jarang bisa liat demo kayak githu. :)

    ReplyDelete
  15. @adeline :

    Iya, sekarang peringatan hari anti korupsi dunia.
    Padahal kalo tahu, bisa ikutan demo kan seru banget!

    ReplyDelete
  16. @Ami :

    Lah, beneran ada segithu. Dalam tulisannya kan sebanyak itu. Banyak, kan? hahaha

    ReplyDelete
  17. @Andaka Pramadya :


    kwkwkwk... pasti kebanyakan liat statsiun tv biru punya si brewok tuh! iklan itu kan paling banyak di tv itu. hahaha

    ReplyDelete
  18. @armae :

    Hubungannya. kalo pikiran udah dikuasai oleh pikiran yg gak-gak, maka akan terlihat gambar EROTISnya, akan kesulitan melihat gambar LUMBA_LUMBA-nya. padahal itu kan gambar lumba-lumba, bukan gambar erotis. makanya disebut otak kita disebut dgn korupsi, karena hanya melihat yg nampak sekilas aja. melihat katas kenikmatan2 aja.

    Yup, perayaan ini memang untuk memberantas korupsi yang sudah menjadi sebuah penyakit masyarakat. :)

    ReplyDelete
  19. Pena hadir dan absen sore sobat..wah ternyata hari ini hari anti koropsi yah.Pena malah kurang hapal neh

    ReplyDelete
  20. Sama dong. Aku juga baru tahu setelah buka twitter. Setelah liat tweetnya pak Tif. Nulisnya juga agak siangan, soanya gak kepikiran buat nulis ginian.
    Pas bingun mo ngapain, baru deh nulis-nulis. :)

    Salam kenal ya....

    ReplyDelete
  21. selamat hari anti korupzi, semoga korupzi di indonesia makin berkurang AMin

    ReplyDelete
  22. Hari ini ya, Riu? baru tau.. hehe,pantes kmrn2 ada workshop anti korupsi bersama para penulis buku anak. :D

    ReplyDelete
  23. @Zh!nTho :

    Amin....
    harus sering-sering diperingati nih... soalnya dgn adanya perngatan seperti ini korupsi akan sedikit demi sedikit dapat diberantas.

    ReplyDelete
  24. @Ila Rizky Nidiana :

    Iya, hari ini. Tepat tgl 9 Desember.
    Memang sekarang sedang digalakkan penanaman pemikiran bahwa perbuatan korupsi itu banyak merugikan banyak orang. maknya harus diberikan buku-buku itu ke anak-naka. soalnya yg udah tua-tua paling banyak mnjdi pelaku korupsinya.
    Mudah-mudahan dgn cara itu angka korupsi kita menurun ya... amin.

    ReplyDelete
  25. Hari anti korupsi cuma sehari abis itu korupsi lagi, kayak gak tau aja lo kebiasaan pejabat di Indonesia.. hihihi

    ReplyDelete
  26. @Feb:

    Justru karena itu, harus sering-sering diadakan biar sering ingat para koruptornya. :) biar mereka mikir kalo mau bertindak korupsi. :)

    ReplyDelete
  27. saya melihat ada seoarng cowok yang sedang menggenggam payudara cewek. hahaha, otak mesum ya saya.

    ReplyDelete
  28. Bangeeeet.....
    aku pertama kali lihat juga melihat gambar itu. setelah berjam-jam merhatiin, ternyata ada lumba-lumbanya.
    kalo anak kecil yg dsuruh liat, dia akn segera tahu, diman gambar lumba-lumbanya. kalo yg dewasa, pasti mikirnya langsung ke arah itu.
    itulah yg dinamakan korupsi pikiran. hahah

    ReplyDelete
  29. baru tahu sob, ternyata ada juga hari Anti Korupsi.

    ReplyDelete
  30. kesadaran untuk berkorupsi jauh lebih tinggi ketimbang untuk menunggalkan..
    apalagi ada peluang, mungkin saya juga mau...

    ReplyDelete
  31. korupsi memang lingkupnya luas sih ya riu
    aduh aku gak bisa lihat lumba2 -___-

    ReplyDelete
  32. @Kevin :

    Iya. perayaan khusus untuk mengingatkan kembali, bahwa tindakan korupsi adalah bnayak merugikan orang lain. :)

    ReplyDelete
  33. @choirunnangim :

    Tapi kalo ada perayaan seperti ini, pemerintah kan jadi punya kegiatan yg isinya utk memberantas tindak korupsi. Seperti biasa, untuk mencari muka. apalagi sekarang sudah mulai musim pemilu, kan? udah saatnya tebar pesona nih...

    mudah-mudahan kita terhindar ya....

    ReplyDelete
  34. @Ninda Rahadi :

    Gubraks!
    Kalo gak bisa liat lumba-lumbanya, otaknya bener-bener dicuci tuh! secara udah parah banget, masa yg keliatan erotisnya aja sih? kwkwkwk

    Sini-sini, aku cuci otaknya, biar bersih. "D

    ReplyDelete
  35. wah kasian banget... cuman karna typo dikit, udah langsung dicecer. ckckck

    ReplyDelete
  36. dta kko sama sekali ga bs liat ada lumba2 ya..hehehe cm ada 2 org aja..
    btw semoga suatu saat indonesia bs bersih dari korupsi, well even if we know it happen when pigs fly! lol

    ReplyDelete
  37. yayy! akhirnya dta bisa liat ada 7 ekor lumba2!! hahahaha...

    ReplyDelete
  38. ngomongin soal ginian mah gak bakal pernah ada abisnya haha :))

    btw nais pos! si tif sembiring kesian yah dibully sama anak2 twitter wkwk

    ReplyDelete
  39. lumba-lumba??
    yang aku liat ikan lele tuh #melotot

    ReplyDelete
  40. @1mmanuel'Z-Note5 :

    Gak kaget juga sih...
    Secara dia memang sering anget bikin ulah di twitter, jadinya ya gampang banget jadi bulan-bulanan di twitter.

    hanya dia aja lho ya, mentri yg jadi artis twitter. hahaha

    ReplyDelete
  41. wah? Baru tahu ada 'hari anti korupsi'...semoga yg korupsi gak tambah banyak...yg dah korupsi segera di kembalikan uang rakyatnya...

    ReplyDelete
  42. WAH, IYA neh baru tahu kalau ada hari anti korupsi. Semoga jd momentum bagi peningkatan 'prestasi' korupsi di negeri ini...yg udah korupsi segera insyaf. Yg gak korupsi jangan2 coba2 tertarik utk korupsi deh

    ReplyDelete
  43. @Dita SECRETE INTERVIU:


    kwkwkwkkw.... butuh waktu lama githu ya...
    aku juga githu awalnya, lamaaaa banget. tapi akhirnya ketemu juga lumba-lumbanya.
    amin. moga-moga Indonesia bisa terbebas dari jerat korupsi ya.... amin.

    ReplyDelete
  44. @Irvina :

    iya. saking susahnya menghapus akar korupsi ya....

    btw, pak Tif emang pantas dibully, la wong dia suka bikin ulah juga. hhahaha

    ReplyDelete
  45. @Muharram Mabruk :

    Lumba-lumba kaleeeee, bukan lele.
    Coba plototin lebih lama lagi, pasti muncul tuh lumba-lumbanya.

    ReplyDelete
  46. @Ririe Khayan:

    Yup, inginnya juga begithu..... moga-moga aja berhasil program memberantas korupsinya. :)

    ReplyDelete
  47. lumba-lumbanya banyaak... XD
    tapi pornonya yang paling jelas... XD

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!