Friday, August 19, 2011

Pernah Kena Tilang? Lakukan ini!

Pernah Kena Tilang? Kalo pertanyaan itu ditanyakan ke gw, jelas. Secara gw punya SIM, tapi udah mati sejak 7 April 2010 lalu. Udah pernah nyobain buat nyari SIM baru, sayangnya pas mau ngurus, KTP gw juga mati. Terpaksa deh, dengan kepala nunduk khas orang kecewa gw pulang ke rumah dengan tangan hampa. So pastinya sekarang kalo lagi berkendaraan di jalan raya harus sering liat pos-pos polisi biar 'gak kena tilang nih....

Kalo diitung-itung seberapa sering gw kena tilang, kayaknya masih bisa diitunglah.... Maklumlah, gw masih termasuk cowok yang taat peraturan kok. *'Gak punya SIM gak kitung ya... hihihi Bagaimanapun juga, gw tipe orang yang ogah banget berurusan dengan polisi. Udah taulah, kalo berurusan dengan mereka berarti harus ngrogoh kocek. *kena tilang, maksudnya* Maka dari itu, gw selallu menghindari berurusan dengan mereka.

Kenangan terakhir ketika berurusan dengan mereka adalah saat nggak sengaja nyerobot di depan mobil tanpa ngasih tanda lampu. Sebenarnya gak salah juga sih, soalnya mobilnya udah ngasih tanda kalo mau belok ke arah yang sama. Nah, karena aku ngikutin mobil itu, nggak tau kalo di depan ada tanda bahwa mobil gak boleh belok. Otomomatis mobil kan gaak jadi belok. Karena gw ada di sampng kirinya, dia berhenti sebentar, gw kan lurus aja. Eh, gak taunya polisi udah ngawe-ngawe di depan buat nyuruh gw berhenti. Karena merasa nggak bersalah, gw tenang-tenang ajah. Eh, gak taunya gw ternyata salah menurut mereka.

Dikaasih ceramah bentar, dilitain pasal-pasalnya, dendanya berapa, pas liat SIM gw, eh mereka tau kalo SIM gw juga udah mampus. Apes deh! awalnya ditawarin sidang ato damai. Karena sidang sebelumnya aku malah kena banyak, cek disini,akhirnya gw pilih damai aja. Udah melas-melas githu, karena uang pas buat bayar SPP kuliah, eh tetep gak dikasih. Akhirnya bayar deh. 50 Ribu melayang booo'!

Nah, pagi ini gw nemu tulisan oke banget buat masalah kena tilang di Google+, nambah pengalamanlah.... Semoga info ini berguna.

Surat tilang ada 2 macam: slip Merah dan slip Biru.

1. SLIP MERAH artinya kita menyangkal telah melanggar peraturan dan mau membela diri secara hukum (ikut sidang) di Pengadilan. Biasanya menunggu 2 minggu dan di Pengadilan banyak calo, terjadi antrian panjang dan oknum Pengadilan yg melakukan pungutan liar berupa pembengkakan nilai tilang.

2. SLIP BIRU artinya kita mengakui kesalahan kita dan bersedia membayar denda. Kita tinggal transfer dana via ATM ke nomor rekening Kas negara di salah satu bank BUMN. Setelah itu kita tukarkan bukti transfer dengan SIM/STNK kita di Kapolsek terdekat dimana kita ditilang. ‎Denda resmi KUHP mobil tidak lebih dr 50rb dan dana nya resmi masuk kas negara.

*diingat nama aparat yg menilang kita untuk memudahkan proses pengambilan SIM/STNK

Jadi, jika kena tilang, minta lah SLIP BIRU (beberapa oknum perlu berdebat dahulu dengan kita. Kita harus ngotot minta SLIP BIRU krn petugas berusaha membohongi kita dengan mengatakan SLIP BIRU tdk berlaku) dan dengan Slip Biru anda tdk perlu menunggu 2 minggu.

Langkah ini membantu negara mengikis korupsi dan kita tidak perlu memberi Uang Damai ke oknum petugas. Forwardlah ke teman2 anda.
(Info dr Komisi III)

*perlu ditambahkan dengan Slip Biru kita hanya membayar Rp 36.000 (utk denda bahwa kita mengakui kesalahan kita).


14 comments:

  1. salam sahabat
    wah kalau sampai berulang ulang bisa tekor nich uang hehehe
    hati hati aja yach
    oh iya dah saya follow

    ReplyDelete
  2. Kayaknya udah lima kali kena tilang. Dan setiap ditilang, setor 50 rb ke pak Polisi. hahaha....

    *Sedekah*

    btw, thanks ya...

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah blom pernah ngalamin.. untung pernah baca ini jd tau deh ilmunya hohoho

    ReplyDelete
  4. @Saiaenno: Syukur deh! janga sampe kena tilang deh, bangkrut ntar setor uang ke pak polisi erus. hehehe

    ReplyDelete
  5. wah sob , kok sim lom punya sih,,gimanapun critanya,,kita kalo berhadepan dgn penegak hukum pasti terlihat salah,, konon lg gak punya sim,,hehe,,smoga apesnya tdk terulang lg..

    ReplyDelete
  6. untung saya ga pernah kena tilang,gimana kena tilang kemana mana lebih suka pake angkot :P

    ReplyDelete
  7. @al kahfi : Punya, tapi udah mati. Udah coba buat SIM baru, KTP juga mati. hihihi

    ReplyDelete
  8. @AJe : Beruntunglah dikau kalo masih bisa dan suka naik angkot. Aku dah lama gak naek angkot. Apalagi naik bus, takuuuut. Selalu mabuk sih....

    ReplyDelete
  9. oh, baru tahu gw.. thanks thanks infonya.

    ReplyDelete
  10. Begithulah.... Aku juga baru tahu kalo ada begithuan.

    ReplyDelete
  11. slip biru - slip merah ya, baru tau tuh.. biasa nya maen tembak aja hehe..

    ReplyDelete
  12. !@Dhani : Sama dong. Tembaknnnya gak bisa kuran dari 50 ribu juga. Jadinya kalo udah bayar ke pak Polisi, langsung tekor. hahaha

    ReplyDelete
  13. @Annesya : Sama-sama.... Aku juga dari teman kok. :)Moga bermanfaat ya....

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!