Monday, October 24, 2011

KISAH KISAH CINTA INSPIRATIF (Resensi Dear Love)

KISAH KISAH CINTA INSPIRATIF 
(Resensi Dear Love)


Istilah flash fiction merupakan kategori fiksi yang tergolong ‘baru’ di tanah air. Meski tidak benar-benar baru ditemukan tapi saat ini flash fiction tengah mencuri perhatian banyak orang, baik pembaca maupun penulis fiksi. Tingginya minat pembaca juga dapat dilihat oleh semakin banyaknya lomba menulis flash fiction saat ini. Kalau ada yang belum tahu, Flash fiction adalah karya fiksi yang sangat singkat, bahkan lebih ringkas daripada cerita pendek. Walaupun tidak ada ukuran jelas tentang berapa ukuran maksimal sebuah flash fiction, umumnya karya ini lebih pendek dari 1000 atau 2000 kata. Semua ini mengacu pada rupa flash fiction yang sepertinya dirancang untuk dibaca sekaligus, langsung habis karena keterbatasan waktu membacanya.

Buku dengan judul “Dear Love” ini merupakan salah satu dari karya flash fiction yang merupakan hasil audisi yang telah dilakukan oleh Hasfa Publishing. Karya fiksi Indonesia yang selama ini didominasi tema-tema cinta, dalam Dear Love ini pun Hasfa publishing menghadirkan tema serupa. Hal ini tentunya karena tema yang paling banyak diminati sampai saat ini adalah tentang cinta. Cerita-cerita di dalamnya banyak mengisahkan kisah cinta inspiratif yang bisa menjadi bahan bacaan di kala santai yang tentunya salah satu misi dari flash fiction.

Senada dengan Judul “Dear Love”, pemilihan covernya pun ingin menonjolkan ikon cinta dengan bentuk hati, sehingga meneror pembaca untuk menyentuh dan membolak-baliknya karena penasaran. Ditambah lagi dengan tagline “Menghubungi Cinta, Menghubungkan Cinta, Hubungan Cinta”, ini menunjukkan bahwa buku ini memang berbicara tentang cinta secara keseluruhannya.

Karena ini adalah kumpulan flash fiction, maka pembaca harus mengantisipasi agar siap-siap untuk mendapatkan kesan nanggung yang ditimbulkan. Bukan karena ceritanya yang super mini, hanya saja kebiasaan dalam membaca novel dan menonton serial TV yang panjang, membuat pembaca harus mendapatkan elaborasi lebih jauh dan mendalam mengenai sebuah cerita.

Ibarat pepatah, "Tidak ada gading yang tak retak", demikian juga dalam Dear Love ini.  Meski buku ini merupakan hasil audisi dan telah melalui beberapa penyaringan, masih kita jumpai beberapa kukurangan-kekurangan, baik itu hanya bersifat biasa saja, maupun sangat mengganggu pembacanya.

Contohnya dalam halaman 15 akan kita temukan banyak kesalahan dalam paragraph pertama dan kedua dalam segi peletakan tanda baca. Baik titik-koma, maupun tanda seru yang diletakkan bukan pada tempatnya. Ini tentu saja mengganggu, mengingat letak ceritanya yang ditempatkan di awal-awal buku. Ini sedikit-banyak akan mengurangi pembaca untuk melanjutkan ke beberapa kisah yang masih banyak di belakangnya. Meski demikian, masih banyak kisah cinta lain yang dihadirkan dalam buku ini yang tentunya mampu menutupi kekurangan-kekurangan yang ada dalam buku ini. Isi buku terbitan hasfa publishing ini tetap berbobot.

Dengan cara penulisannya yang sederhana, kita seolah terlibat langsung dalam setiap potong kisah buku ini. Adakalanya kita akan tertawa membacanya, terdiam, atau pun tersenyum-senyum sendiri. Namun, di setiap akhir kisahnya kita akan sepakat untuk menyimpulkan, bahwa buku ini benar-benar menarik.

Bermacam kisah cinta terekam dalam buku ini. Sebut saja “Jangan Ambil Dia” milik Ragil Kuning yang menceritakan pernikahan yang dipaksakan. “Laras, maafkan aku. Kuanggap perjodohan ini sebagai keterpaksaan. Aku tak ingin dianggap durhaka, maka kuturuti permintaan ibu untuk menikahimu.” (hal. 13).

Dari kisah itu saja, kita akan dibuat tertegun dengan akhir kisah yang cukup mengena. Ini akan mengingatkan kita akan kata mutiara, terkadang kita baru merasa benar-benar kehilangan saat orang yang kita cintai telah pergi.

Selain itu, karya Wicha Spicca Breeze pun demikian mengena. Kisahnya tentang wanita yang trauma dengan cinta, karena orang-orang yang dicintainya selingkuh gara-gara menilai kecantikan dari fisik semata. Dalam keputus asaan dia selalu berdoa, semoga Tuhan mempertemukannya dengan seseorang yang mencintainya tanpa memandang fisik, tapi karena cintanya yang tulus semata. Seperti apakah jodoh yang dikirimkan Tuhan kepadanya? Temukan jawabannya dalam “Biar Tuhan yang Memilihkan” di halaman 73.

Selain dua kisah itu, masih banyak lagi beberapa pelajaran yang diceritakan oleh penulis Hasfriends dalam buku ini. 111 tulisan tentang cinta tentu bukan angka yang sedikit. Pilihan-pilihan flash fiction ini tentunya akan memberikan gambaran tentang universalnya cinta.

Akhir kata, buku ini telah memperkaya khazanah flash fiction di Indonesia yang saat ini digemari karena keterbatasan waktu luang untuk membaca. Dengan bahasa khas penulisnya, yang renyah, buku ini sangat cocok untuk semua golongan, baik muda maupun tua. Banyak pesan moral yang disampaikan dalam buku ini. Layak dikoleksi untuk referensi menulis flash fiction sekaligus sebagai bahan bacaan di kala senggang.

Judul : Dear Love
Penulis : Hasfriends
Penerbit : Hasfa Publishing, Demak
Cetakan : I, 2011
Tebal : 227 halaman
ISBN 978-602-98386-7-1
Harga : Rp. 49.000


31 comments:

  1. Wah menarik. Flash fiction cepat dibaca, jadi gak bosen pasti. :D

    ReplyDelete
  2. @Mbak Una: Bener, mbak. Gampang juga ngikutinnya, karena ceritanya pendek-pendek. Lagi pula ini juga banyak pilihannya, jadi gak bakal bosenin baca bukunya. :)

    ReplyDelete
  3. hmm, kalo sy suka yg dari awal sampai akhirnya jelas sejelasnya,, tdj ingin sepotong2,,ntr jadinya cinta dlm sepotong roti<--halah gk nyambung dech,,

    ReplyDelete
  4. Lho, ini akhirnya kisah-kisahnya berakhir dgn jelas lho..... Cuman karena bentuknya flash fiction jadinya ya dibuat pendek dgn batasan beberapa kata saja. Kalo udah terbiasa dgn membaca kisah yg panjang, membaca buku ini jadi merasa aneh. Tapi kalo gak punya selera membaca, dgn kisah yg pendek-pendek ini jadi punya waktu buat membaca. Secara kisahnya memang dibuat endek biar memudahkan orang yang sibuk buat menikmatinya.
    Tapi beneran keren lho kisah-kisahnya. Gak rugi bacanya. :D *promo*

    ReplyDelete
  5. Wih, kayaknya bagus tuh buku buat terhenyuk sesaat. :)

    ReplyDelete
  6. Andai mas Riu ngadain giveaway truss..hadiahnya buku itu.. *akh...tapi apa mungkin nay bisa menang kalo ngikutin giveaway nya mas* :)

    sukses trus mas..^^

    ReplyDelete
  7. berarti catatan di MagaHaya masuk flash non-fiction yaw? :) ayo-ayo, maen ke magahaya yang mau mbaca flash non-fiction soal gigi.. :)

    ReplyDelete
  8. berarti catatan MagaHaya masuknya ke flash non-fiction kali yaaa..

    ayo ayo! yang mau mengisi waktu senggang dengan flash non-fiction seputar gigi dan mulut :) maen ke MagaHaya..

    ReplyDelete
  9. @Feby: Bener banget. Gak bakal rugi beli bukunya. Secara ini bukunya memberikan arti tersendiri di tengah kesibukan. Kalo punya buku ini, gak bakal kesulitan buat membaca kisahnya. Secara kan pendek banget FFnya. :D

    ReplyDelete
  10. @Naya Elbetawi : Semua serba mungkin. Sempat kepikiran juga sih.... tapi bukan saat ini, masih nunggu waktu aja. Semoga dapet terlaksana keinginan buat giveawaynya. :D

    ReplyDelete
  11. @Dokter Gigi Gaul: Kalo itu mah non fiksi, dok. Seputar tips githu....
    Kalo ini memang FF banget. Mini-mini ceritanya. Tapi seruuuuu!!! :D

    Tunggu kedatanganku ya.... :)

    ReplyDelete
  12. yang ini harganya berapa mas..?
    (nanya sama mas riu, abis saya kirain shop keeper nya, soalnya posenya di samping rak itu, hehe)

    ReplyDelete
  13. Oh, buku yang ni harganya 49.000, mas.
    50 ribu kembai seribu. Bonus kantong plastik buat, mas. Kalo gak mau kembalian seribunya, kita juga punya permen, kok. Mau?

    *jadi shopkeeper baik hati ceritanya nih....*
    *Krang apalagi, coba?*

    ReplyDelete
  14. dalam 1 buku ada 111 cerita?? whewww,. sepertinya benar-benar mini ya..
    dan buku semacam ini memang bisa jadi pilihan buat orang-orang yang gak punya banyak waktu untuk membaca. jadi penasaran pengen baca jugak :9

    ReplyDelete
  15. Bener bangeeeet!
    Buku ini memang bener-bener kumpulan cerita mini yang super pendek.
    Ada dua pilihan juga sebenarnya. Bab Cinta itu hitam (Bukan Pink), dissitu FFnya rada panjangan, sampe dua halaman githu.
    Kalo yang d bab 2, Cinta itu Bulat (Bukan Hati), lebih pendek lagi, hanya 100 kata sepertinya. Pendek banget!
    Sangat pas bagi pembaca yang gak begitu suka membaca cerita dalam cerita panjang-panjang.
    Silahakn beli, mbak. Nggak rugi punya buku yang ini. :)

    ReplyDelete
  16. pelit bangetdddd dah
    kan bikin ngiler tau
    andai ada malaikat disana yang ngebuka rejeki buat ambil tuh buku

    dijamin gratis

    ReplyDelete
  17. sy sempat tertarik banget dengan FF, beberapa kali bikin.... tapi ga berhasil.. kurang belajar kurang berlatih -__-a

    yg komen disini kebagian satu buku kan? :p

    ReplyDelete
  18. @naspard : Bukannya pelit, bro. Ini nyarinya juga dgn keringat. Jadi mana mungkin ada yang gratis.
    Nggak usah sungkan-sungkanlah buat beli yg ini, gak rugi kok. :D

    ReplyDelete
  19. FF sebenarnya gampang lho.... yang susah tuh ngepasin jumlah katanya. Dalm buku ini kan ada beberapa ff yang dibatasin dgn kata yang super duper sedikit.

    Gratis?? Mudah-mudahan aja penerbitnya baca yang ini, dan kamu dikasih gratis. Kan lumayan itu... hehehe

    Tapi mending beli aja deh! sekalian amal. :D

    ReplyDelete
  20. @saryadinilan : Boleh....
    Persediaan di toko buku masih banyak lho.....
    Mampir aja ke toko buku, beli satu. Dijamin bakal suka ama bukunya. :)

    ReplyDelete
  21. berarti secara tidak langsung tulisan di blogku juga termasyuk flash fiction ya...
    mungkin hanya istilahnya aja yg baru tapi sebenarnya tulisan yg sekarang disebut flash fiction dari dulu sudah ada. bisa jadi mungkin tidak terpublished.

    ReplyDelete
  22. Workshop Bisnis Online. Malang, 29-30 Oktober 2011. Peserta terbatas 30 orang. Tempat LAB Statistik FE UIN Malang.

    Materi UTAMA :

    1) Bagaimana Membangun TOKO ONLINE Modal Gratisan
    2) Bagaimana Melakukan Riset PRODUK, Membidik Calon Konsumen dan Memahami Perilaku Mereka di Internet
    3) Teknik JITU Promosi via Internet, Facebook, Twitter dll
    4) Bagaimana Mengemas Produk dan Jasa dan Melakukan Marketing Online
    5) Tips dan Trik Optimasi Blackberry, Facebook dan Twitter untuk Bisnis Online

    Garansi Dalam 1 BULAN Produk TERJUAL.

    Info Lengkap: www.GuruBisnisOnline.com | PIN BB 2310BF87 | 0856 4960 8915.

    ReplyDelete
  23. @21inchs : Mungkin juga. Kalo isinya ttg cerita singkat, jelas aja itu termasuk Flash fiction. Tapi biasanya ending flash fiction sangat mengejutkan lho.... Bener-bener tidak terduga githu.
    Blogmu gimana? punya ending tak terduga juga gak?

    ReplyDelete
  24. @Workshop Internet Marketing : thanks infonya. :D

    ReplyDelete
  25. Harganya lumayan tuh...nanti deh, kalo ada rejeki, gua beli...

    ReplyDelete
  26. Iya juga sih....
    Kemaren pas beli bukunya juga rada gimana githu. Tapi karena aku harus tahu isinya gimana biar bisa mereview, jadi ya harus beli. Tapi gak nyesel juga sih, ternyata memang bagus kok. Jadi makin tau gimana cara buat Falsh Fiction.
    Aku sih niatnya buat nambah ilmu aja pas beli itu. Lagian juga udah lama banget gak punya buku baru, jadi ya itu buku baru, beli cuman sebiji, di Kediri lagi. Jauh, bro. hehehehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!