Saturday, June 16, 2012

Adele - Turning Tables (Arti Lagu)



Lagi-lagi hari ini aku akan memposting salah satu lagu yang menjadi favoritku selama beberapa bulan yang lalu. Dan sekali lagi baru hari ini aku bisa berbagi setelah sekian lama diendapkan dalam folder pribadi. Well, this song is One of my favourite songs on the new album, I love it. Excellent interpretation above me. 

I think 'turning tables' adalah tentang sifat dia yang pandai memutar balikkan fakta, pandai bersilat lidah, khususnya ketika dia sedang bertengkar. Sehingga, karena kepintarannya saat bersilat lidah itulah, sebagai pasangan yang tidak bisa bergumen panjang lebar akan selalu menjadi yang tersalah. 

Ada beberapa hal dalam lagu ini yang menurutku sengaja diinterpretasikan secara metaforis atau secara harfiah, dalam hal ini berarti hanya emosional yang kasar, juga dalam bentuk kekerasan fisik. Sebab inilah yang akhirnya dia memutuskan untuk pergi dan mengakhiri. Ini terlihat dari liriknya yang berbunyi "I won't let you close enough to hurt me". Makna lagu ini juga secara emosional menjauhkan diri dari hubungan, tetapi juga berpotensi melindungi diri dari ledakan kekerasan itu. Kekerasan bisa berupa fisik, atau hanya verbal saja. Tapi dari dua-duanya memiliki dampak yang sama, menyakitkan.

The first time I heard this song, it spoke volumes to me. I feel like it was written for me. Bukan ingin mengaku-ngaku, tapi memang pernah terjadi padaku. Dan menurutku, lagu ini berghubungan erat dengan hubungan psikologis. Berkali-kali dia ingin memperbaiki kesalahannya, tapi selalu saja dia menjadi pihak yang salah. Sebenarnya saat dia melakuakn kesalahan itu dia sedang ingin mencari tahu, apa yang dilakukan kekasihnya di belakannya. Tapi karena saat fakta itu mulai terbongkar, permaiannnya juga ditangkap oleh kekasihnya itu. Tak ada yang bisa dilakuakn selain menerima. Terlebih fakta yang terlihat adalah dia yang telah melakukan kesalahan dan tidak bisa mengelak atas kesalahannya. Tak ada yang bisa dilakukannya selain hanya menerima, dan menjadi pihak yang terdakwa dalam hubungan cinta yang tak sehat itu. 

Karena tak ada yang bisa ia lakukan selain menerima fakta bahwa dia bersalah, maka ia pun hanya menerima tuduhan yang dilabelkan kepadanya. Dia menerima semua tuduhan yang diberikan kepadanya dan berharap penderitaan itu akan berakhir setelah berakhirnya hubungan mereka.

Hmmm.... Another gorgeous song by Adele! To me, this song is voicing past frustration with someone who could never be straight with her and was always "turning tables"....saying one thing but doing another or changing his mind and story then acting like he was consistent all along. Dan aku pikir dalam lagu ini akhirnya ia tahu bahwa orang tersebut tidak lagi ada untuknya dan sudah waktunya baginya untuk move on dan melanjutkan hidupnya.  "So I won't let you close enough to hurt me. No, I won't ask you, you to just desert me."


Karena kedalaman dari lagu-lagunya Adele inilah, hampir semua lagunya aku punya. Semua lagu-lagunya menjadi favoritku. Kalau aku menyukai lagu-lagunya Adele, bagaimana dengan kamu?




Adele - Turning Tables

 Close enough to start a war
All that I have is on the floor
God only knows what we're fighting for
All that I say, you always say more

I can't keep up with your turning tables

Under your thumb, I can't breathe

So I won't let you close enough to hurt me

No, I won't ask you, you to just desert me
I can't give you, what you think you gave me
It's time to say goodbye to turning tables
To turning tables

Under haunted skies I see you

Where love is lost, your ghost is found
I braved a hundred storms to leave you
As hard as you try, no I will never be knocked down

I can't keep up with your turning tables

Under your thumb, I can't breathe

So I won't let you close enough to hurt me, no

I won't ask you, you to just desert me
I can't give you, what you think you gave me
It's time to say goodbye to turning tables
Turning tables

Next time I'll be braver

I'll be my own savior
When the thunder calls for me
Next time I'll be braver
I'll be my own savior
Standing on my own two feet

I won't let you close enough to hurt me, no

I won't ask you, you to just desert me
I can't give you, what you think you gave me
It's time to say goodbye to turning tables
To turning tables
Turning tables, yeah
Turning oh
---

2 comments:

  1. oh gitu ya... baru tau gue,
    memutar balikkan fakta...

    salam kenal ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diartikan juga dgn sebuah perbuatan yang selalu diulang2. tapi kayaknya lbih pas dgn itu. :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!