Tuesday, January 21, 2014

Gereja Dan Goa Maria Lourdes Pohsarang

Akhir tahun 2013 kemarin saya sempat jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di Kediri. Tak terlalu jauh sebenarnya dari rumah saya, tapi karena saya tidak tahu jalan menuju ke tempat wisata itu, jadinya baru tahun 2013 kemarin saya bisa main-main di sana. Tidak terlalu mengejutkan memang jika saya tidak tahu tempat itu, sejak kecil saya memang tidak dibesarkan dan tinggal di tanah kelahirtan saya. Jadinya kalau ngomongin objek wisata di tempat saya, wajar jika saya tidak tahu banyak. 

Tujuan utama liburanku menjelang perayaan Natal tahun lalu adalah Gereja dan Goa Bunda Maria Pohsarang. Bukan, bukan. Saya masih tetap seorang muslim kok, hanya ingin tahu tempat itu saja. Ingin tahu seberapa bagusnya tempat wisata itu. Tak ada alasan istimewa saya mengunjungi tempat itu. Hanya sekedar menghilangkan suntuk saja. Menghabiskan masa liburan menjelang tahun baru, karenba tepat pada saat Natal saya harus memnngikuti sebuah workshop. 

Gereja dan Goa Bunda Maria Pohsarang menurut saya adalah tujuan yang tepat untuk jalan-jalan, selain pemandangannya yang indah, tempat itu juga menawarkan perjalanan religi bagi yang mengimani. Berhubung saya beda agama, maka saya hanya menikmati keindahannya ssaja.
Satu kata yang turucap saat saya berada di ssana, "Luar Biasa!" Gak rugi ternyata saya liburan kesana. Bener-bener keren tempatnya. Semua tertata dengan sangat apik, hijau, sedap dipandang mata. Sya kesana bersama beberapa teman saya, naik sepedah motor. Tujuannya memamng untuk mengisi liburan saja, daripada liburan tidak kemana-mana, mending jalan-jalan ke tempat yang lebih dekat. Ngirit biaya ceritanya. tak perlu biaya mahal untuk mencintai keindahan negeri ini, kan? :)


Terletak di lereng sebelah timur Gunung Klothok, tepatnya di Desa Pohsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri,atau sekitar 10 km arah barat daya kota Kediri. Gereja dan Goa Bunda Maria Pohsarang berdiri megah sebagai tempat wisata sekaligus sebagai tempat beribadah bagi kaum Katolik.


Dalam komplek wisata tersebut terdapat beberapa tempat yang dapat dikunjungi, diantaranya Gereja Pohsarang, Goa Maria Lourdes, Mausoleum Pieta dan Jalan Salib Bukit Golgota. Selain itu masih ada beberapa tempat lainnya yang layak dikunjungi.


Gereja Pohsarang. 
Gereja ini merupakan tempat ibadah umat Katolik. Dibangun oleh Ir. Henricus Maclaine Pont (1936) berdasarkan permintaan dari Pastor H. Wolters, CM yang memimpin Paroki Kediri pada waktu itu. Di gereja tersebut terdapat altar dan sakramen mahakudus, Bejana Baptis, sakristi dan tempat pengakuan dosa bagi ummat Katolik. Sedangkan atap gereja berbentuk kubah yang di atasnya terdapat salib yang tiap ujungnya dipahatkan simbol penulis-penulis injil. 


Jika masuk di dalam altarnya, maka akan kita lihat batu andesit yang dipahat dan diukir menyerupai gambar rusa yang meminum air dan yang menunggu giliran minum air.








 

Goa Maria LourdesGua Maria Lourdes terletak jauh dari Gereja Pohsarang.Ya gak jauh-jauh amatlah, kan masih satu kompleks dengan Gereja Poh sarang. Hanya jalannya yang sedikit ke bawah dan berliku, membuat jaraknya sedikit jauh. Apalalagi haruds ditempuh dengan jalan kaki. Tapi gak kecewa juga sih, tempatnya syik buat jalan-jalan. Rindang di sekelilingnya.

Nah, kalau di Goa Maria Lourdes ini kita akan jumpai di samping Gua Maria terdapat 12 pancuran air yang melambangkan 12 Rasul dalam agama Katolik. Di depan goa Maria ini akan kita lihat beberapa pengunjung berdoa di atas kursi-kursi yang telah disediakan.

Mausoleum Pieta
Mausoleum merupakan bahasa latin dan berarti Makam. Mausoleum Pieta sendiri merupakan makam khusus para Uskup dan Romo di wilayah Keuskupan Surabaya. Nama Pieta sendiri berasal dari patung Pieta karya Leonardo Da Vinci yang terdapat tiruannya dalam skala kecil di Mausoleum ini. Dulunya, patung ini berada di Gereja Pohsarang. 


Di tempat ini adalah tempat paling sepi pengjung. Mungkin karena saya datangnya sudah sore, jadinya hanya lewat saja. Selain itu ini adalah makam, jadi tak kaget jika yang mau singgah ke tempat ini sangatlah sedikit. Saya juga sedikit merinding di temapt makam ini. Auaranya agak gimana githu, jadi9nya saya tidak berlama-lama saat di tempat ini.

 





Jalan Salib Bukit Golgota
Di dekat Gua Maria, terdapat pula Jalan Salib. Dinamakan jalan salip karena sepanjang jalan ini terdapat 14 patung-patung yang menggambarkan poroses penyalipan Yesus.

Sebanyak 14 peristiwa dan pada setiap peristiwa ditempatkanlah patung – patung besar sesuai peristiwa yang terjadi. Jalan Salib ini memutar dan cenderung naik jalannya mengingat daerah Pohsarang berada di lereng gunung. 

Jalan Salib Bukit Golgota ini merupakan daya tarik lainnya selain Geraja dan Gua. Di tempat inilah saya paling banyak berfoto. Ada 14 tempat dan peristiwa yang sayang kalau dibiarkan begitu saja tanpa ada pengabadian ddalam bentuk gambar. Banyak narsislah disini.

Sewaktu saya tengah asyik jalan-jalan, ada salah satu pemenang Duta wisata kota Kediri yang mewancarai saya. Dia sedang mengumpulan data quesener untuk selanjutnya menjadi persyaratan guna mengikuti seleksi Duta Wisata Propinsi Jawa Timur. Dia tanya-tanya tentang tempat wisata yang pernah saya kunjungi selama tahun 2013. Saya jawab aja ada banyakl tempat. Tahun 2013 memang banyak tempat yang sudah saya kunjungi, dan tempat terakhir yang saya kunjungi adalah Pohsarang itu.

Oiya, kalau hendak pulang, jangan lupa mampir di tempat oleh-olehnya. Bnayak cindramata khas pohsarang di sana. Tapi ya itu tadi, karena ini tempat wisata religi, jadinya cendramatanya lebih banyak ke cendramata khas gereja. Mulai dari salip, patung bunda Maria, hingga gambar Yesus dengan berbagai macam bentuk. Cocok untuk mereka yang bergama Katolik atau Kristen.


Kalau minat untuk berwisata ke Gereja dan Goa Maria Lourde gampang kok. Dari jalur manapun, kendaraan menuju tempat wisata sudah gampang mencarinya. Kalau naik bus, turun saja di terminal Kediri. Abis itu naik ojek, sekitar 20.000,-. atau naik kendaraan umum yang menuju ke lokasi. Kira-kira 5.000,-. Cukup terjangkau, bukan? biaya masuk ke tempat wisata juga tergolong murah, yang pastinya gak bikin kantong bolong. Minat? Yuk, berwisata ke Gereja dan Goa Maria Lourde Pohsarang. Kenali Negrimu, cintai Indonesiamu!

























 

 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!