Tuesday, December 20, 2011

Antusiasnya Pramuka Ciamis dalam Bedah Buku "I am Proud to be Scout"



Ini adalah kali pertama buatku untuk menginjakkan kaki di kota Ciamis. Kali pertama pula sebagai nara sumber untuk acara bedah bukuku. Setidaknya, ini gambaran yang aku lihat dalam event Bedah Buku "I am Proud to be Scout" kemarin (18/12/11).

Luar biasa! Itulah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan bagaimana antusiasnya Pramuka Ciamis dalam acara bedah buku "I am Proud to be Scout". Dalam acara tersebut, kita bertiga, mbak Nunu, teh Izri dan aku, sepakat untuk menggunakan batik saat acara. Mau berbatik ria, ceritanya. hehehe 

Saat memasuki aula tempat berlangsungnya acara bedah buku, kami disambut dengan nyanyian selamat datang khas pramuka saat menyambut kedatangan para pembinanya. Dengan peserta yang kurang-lebih 200  jumlahnya,  disambut dengan lagu penyambutan seperti itu, ini serasa seru banget! Berasa kayak jadi pembina pramuka lagi. Padahal udah bertahun-tahun gak pernah ikut pramuka. hehehe 

Acara dimulai pukul 1 siang, para peserta yang seluruhnya anggota pramuka, yang awalnya malu-malu dan cukup lelah karena sedari pagi sudah banyak menerima materi keputrian, akhirnya satu per satu mulai berubah dengan wajah yang antusias dan penuh rasa penasaran. Mereka mendengarkan apa yang kita presentasikan tentang buku ini, mencermati secara saksama, dan juga merancang pertanyaan-pertanyaan, karena kita memang membuka pertanyaan di akhir acara. Berhadiah buku pula. Ini luar biasa!

Ini terbukti, begitu sesi tanya-jawab dimulai, langsung saja puluhan peserta mengangkat tangannya pengen bertanya. Karena saking banyaknya yang ingin bertanya, kita batasi empat orang penanya pertama yang telah mengacungkan tangan. Dengan pertanyaan-pertanyaannya yang begitu variatif,  bahkan sampai membuat kami bertiga harus saling berbagi  bagaimana menjawabnya. *ops!

Tidak bisa dipungkiri, antusiasme para peserta itu dipengaruhi oleh gaya moderasi teh Indari Mastuti yang begitu atraktif dan komunikatif. Dibanding kita bertiga, mungkin hanya dia aja nih yang biasa ikutan acara seperti ini. Dimulai dengan ulasan tentang isi buku dan kekurangan-kekurangan yang ada di dalamnya, teh Indari membawa kami untuk mempresentasikan buku sekaligus karya kami yang ada dalam buku ini. Satu persatu, diawali oleh mbak Nunu el Fasa, teh Irzi, dan aku mulai berbicara tentang isi buku sekaligus sedikit cuplikan seperti apa kisah kami yang ada dalam buku ini.

Nah, moderasi teh Indari ternyata berhasil membuat acara menjadi atraktif dan komunikatif. Ini terbukti karena memicu rangkaian pertanyaan-pertanyaan kritis dari para peserta acara bedah buku. Tak jarang, teh Indari juga suka membuat para peserta tertawa dengan lelucon yang dibuatnya. Bener aja, banyak banget yang ingin bertanya tentang buku ini. Gak hanya bertanya tentang buku aja, bagaimana awal mula pembuatan serta idenya, mereka juga bertanya-tanya tentang tips menulis dan bagaimana memulainya! Bahka ada yang tanya juga, kenapa memilih Pramuka menjadi tema buku ini. Luar biasa!

Seakan gak mau ketinggalan, moderator dari pihak penyelenggara juga ikut-ikutan bertanya. Jadi selama kurang lebih dua jam itu, bedah buku full dengan serbuan-serbuan pertanyaan yang ditujukan kepada kami secara bertubi-tubi. Kalau dihitung, ada lebih dari 14 penanya, dan masing-masing melontarkan tidak cukup satu pertanyaan aja! Sekali lagi, ini Luar biasa!

Setelah membuka pertanyaan-pertanyaan tentang buku, kami juga mengadakan beberapa game yang seru. Gamenya tidak jauh-jauh dari kegiatan pramuka. Tentu saja ini membuat para peserta semakin antusias. Mereka saling berebut untuk maju ke depan, buat ikutan game berhadiah ini.

Beberapa game kita mainkan, dan beberapa hadiah telah kita berikan. Tentu saja tidak semua peserta bisa mendapatkan hadiahnya. Hanya beberapa saja yang beruntung karena telah bertanya, dan peserta yang telah menjadi pemenang dari game yang diadakan.

Hampir dua jam acara bedah bukunya, tapi beneran gak terasa kalau kita sudah cukup lama acara berlangsungnya. Benar-benar pengalaman yang tak terlupakan. Dengan peserta se-antusias itu, dan acara yang diberikan oleh penyelenggara yang keren punya, rasanya berat sekali harus mengakhiri acara bedah buku kami di sana.  Semoga setelah acara bedah buku yang pertama ini, acara berikutnya akan menanti lagi. Amin.

Terakhir, terima kasih kami ucapkan kepada seluruh Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis yang sudah mengundang kami bertiga. Terima kasih juga untuk teh Indari  sebagai pembedah sekaligus moderator utama dalam acara bedah buku kali ini. Seluruh peserta anggota pramuka kabupaten Ciamis. Sekali lagi, terima kasih banyak.



Satu Pramuka, Satu Indonesia, Jayalah NKRI!


22 comments:

  1. Cieeee...... jadi narasumber ni ye...
    hahahaha


    Buat acara GA dong... yang terpilih dapet buku "I Am Proud to be scout" ...

    Pantes... postingan kemarin pakai Auto-posting (~_~

    ReplyDelete
  2. ciyeeehhh....ciyeh... di undang jd narasumber nih yey,,, pengeeeenn..

    btw nggak grogi dikerubungi cewek2 abegeh mas?

    ReplyDelete
  3. @zone :

    Bangeeeet!

    Pramuka Ciamis bener-bener keren bangeeeet!
    Antusias banget mereka dgn acara bedah bukunya. :)

    ReplyDelete
  4. @Kak Rin!!!:

    Alhamdulillah....
    Sesuatu banget ya..... :)

    Mudah-mudahan bisa ngadain lombanya nih....
    Mau usul atau masukan, kayak apa pengen GA-nya?

    ReplyDelete
  5. @Risah Icha Az-zahra :

    Pengen ya....? ayo, ikutan!

    Kalo grogi sih, iya. tapi dikiiit... tapi seru banget, banyak pramuka ceweknya. heheh

    Seru, seru, seru!

    ReplyDelete
  6. sebagai salah satu nara sumber ,, keren banget sob,,

    ReplyDelete
  7. kalo inget pramuka jadi inget sama berkemah digunung, sama2 seru..

    ReplyDelete
  8. @Mas Kahfi:

    Terima kasih, mas. Ini juga bener2 gak nyangka dapat undangan seperti itu. Secara memang mendadak banget.
    Sukses untuk mas Kahfi juga ya....

    ReplyDelete
  9. @Herry:

    Buku ini mrangkum kenangan-kenangan itu, sob. Jadi kita akan merasa diingatkan kembali kalau kita pernah jadi anggotanya.
    Serasa nostalgia githu...

    ReplyDelete
  10. @Mbak Una:

    Makasih.....
    Doaian semoga setelah ini dapet undangan lagi ya.... Secara seru banget!

    ReplyDelete
  11. @Feb:

    Kumis? emang masih keliatan kumisnya ya..... Perasaan sebelum berangkat ke Ciamis udah dipotong tuh! biar keliatan masih unyu. hehehe

    ReplyDelete
  12. Yang gampang aja.. Siapa yang bisa mengungkapkan siapa itu Venus :D

    Hadiahnya buku "I Am Proud to be Scout" + Rp. 1juta + Handphone

    Wkwkwkwk
    wkwkwk

    ReplyDelete
  13. Asli: saluut, selamat atas pencapaiannya dan semangattt...#sesuatu banget tuh#

    ReplyDelete
  14. @Ririe Khayan

    makasih ya.....

    semoga berikutnya makin lancar lagi. amin.

    ReplyDelete
  15. wow! great! nice activity! you are very active!

    ReplyDelete
  16. waaaaaaah, seneng banget itu!! bisa ketemu teh indari. itu teh indari mastuti kan? yg di IIDN? hehe :D

    kayaknya bakal sering jalan2 keluar kota buat promo ya, Riu? :D slamat yaa atas launchingnya ;)

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!