Thursday, May 24, 2012

Nambah Teman Malah Kena Blokir


Beberapa bulan terakhir ini, aku memutuskan untuk lebih selektif dalam menerima pertemanan di Facebook. Aku sengaja melakukannya, karena aku tidak ingin hanya memperbanyak teman di friendlistku, tapi tak pernah benar-benar mengenalnya. Lagian aku juga punya prinsip saling menguntungkan githu, jadi aku berani menambahkan teman juga karena ada manfaat yang aku dapat. Karena itulah, aku hanya menerima teman yang sesuai kriteriaku. Salah satu syaratnya adalah memiliki 200 teman yang sama, atau syarat itu tidak berlaku jika aku yang menginginkannya.

Hmmm.... Sepertinya sejak sering terjadinya kasus pembajakan account Facebook, pihak Facebook keknya semakin meningkatkan keamanan dengan pilihan privacy yang sangat beragam. Aku termasuk orang lama yang menggunakan Facebook tapi tak menyadari kebijakan-kebijakan baru dari Facebook. 

Nah, beberapa hari yang lalu aku kepikiran untuk menambahkan beberapa teman. Setelah melakukan beberapa seleksi dan memilah-memilih, ternyata tidak semua teman bisa aku add, ada yang tiba-tiba diberi peringatan oleh Facebook yang kira-kira berbunyi: “Apakah anda yakin mengenal teman ini?” 

Aku bilang yakin dan meng-add berulang-ulang. Akibatnya ternyata fatal, account Facebookku diblokir oleh Faceboook dengan alasan terlalu cepat dan terlalu banyak menambah teman dalam waktu singkat. Lebih dari itu, ternyata juga dianggap spam karena menambah teman yang tidak dikenal.



Rupanya, sekarang ada pilihan privacy dimana kita hanya membolehkan orang menambahkan teman jika orang tersebut adalah teman dari teman kita. Celakanya ada satu orang yang aku add rupanya belum menjadi teman dari yang sudah aku add. Atau setidaknya tidak berteman banyak dengan teman yang sudah ada. Facebook pun menganggapnya aku sengaja menambahkan orang yang tidak dikenal. Akibatnya aku pun diblokir, tidak bisa menambah teman untuk sementara waktu. Ya udah, sekarang harus nunggu 2 hari lagi deh untuk bisa nge-add temenku itu karena aku kena blokir 7 hari. heu heu.


14 comments:

  1. Sabar ya.. turut berduka cita atas pemblokirannya (T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, yg ini gak mempan kal cuma turut berduka cita. harus ada yg lainnya. :P

      Delete
  2. kayanya sekarang fb tambah ribet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tambah ribet, tapi keren juga. tambah pengamannan keknya :)

      Delete
  3. walah, mending kayak saya gak punya facebook, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gak masalah dong! mungkin karn gak tahu kalo ada banyak perubahan di FB, jdnya gak tau.

      Delete
  4. kok TK gak gitu yah... masih bisa add aja walau gaka da mutual friends... kayanya kamu kebanyakan deh ngeadd nya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku ngeadd banyak teman, maknaya kena blokir itu. :)

      Delete
  5. Syifa juga pernah diblokir gitu dulu. Soalnya dulu pengennya temennya buanyaakkk hehe tapi sekarang sih enggak, kapok temen yang gak dikenal malah nyampah -____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku juga membatasi teman kok. cuma kemarin itu kan aku lagi nambahin beberapa teman, maknaya kena blokir. baru tahu juga sih kalo sebabnya itu :)

      Delete
  6. saya malah gak suka dia add or meng-add org2 yg gak saya kenal. selain bs memenuhi beranda dg status org yg gak saya kenal, juga agar lebih waspada aja. Bukan bermaksud untuk membatasi silaturahim sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, maknaya aku gak terima pertemanan yang aku gak kenal mereka. bahkan setiap hari aku bersih-bersih nama-nama yang gak ada manfaatnya bagiku. maksudnya yg udah gak aktif fb lagi. :)

      Delete
  7. mas Riu angin-anginan,,,
    banyak yg add dia, tapi nggak di konfirm.
    lha ini malah add yg nggak kenal sampe kena blokir. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan beda. butuh ama gak butuh. nah, aku mengadd karena butuh. :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Happy blogwalking!